fbpx
Suara Peternakan

Wisata Peternakan Cimory Farm di Semarang

SuaraPeternakan.com – Cimory Farm merupakan destinasi wisata yang ada di Kota Semarang. Selain keunikannya ketika berkunjung di tempat ini akan menemukan hal yang menarik dan berbagai macam keseruan.

Cimory juga sudah punya nama sebagai penghasil yogurth berkualitas diolah dari peternakan mereka sendiri. Cimory mengembangkan usahanya dengan membuka resto yang menggabungkan tempat makan, area bermain anak dan wisata ke peternakan mereka.

Cimory On The Valley telah membuka tiga resto makanan. Salah satu restonya berlokasi di kawasan Bawen, tepatnya di Jl. Raya Soekarno Hatta KM. 30, Jatijajar, Semarang. Dari ketiga resto Cimory, Cimory On The Valley ini yang paling lengkap. Kalo di Cimory Riverside, mini zoo-nya belum jadi 100% jadi masih kurang asyik.

Cimory On The Valley ini semua fasilitasnya sudah ready, mulai dari mini zoo dan playground kids. Menu di sini pun juga beragam, tentu saja seputar oalahan sapi, keju, sosis, yogurt dan susu. Harga untuk minumannya sekitar Rp 9000 – Rp 25000 sedangkan makanannya berkisar Rp 25000 – Rp 50000 / porsi. Selain puas dengan wahananya, perut juga bisa kenyang.

Terdapat juga sebuah pabrik susu sekaligus agrowisata. Sebutan lainnya adalah Cimory Valley View, di sini kamu bisa mencoba berbagai macam keseruan.

Produk yogurt bernama Cimory pasti sudah tidak asing lagi.Bahkan hampir semua minimarket selalu menyediakan minuman satu ini di lemari pendinginnya. Tak banyak yang tahu, ternyata merek tersebut berasal dari Semarang. Merupakan Singkatan dari Cisarua Mountain Dairy. Didirikan oleh Budi Sutantio dengan tujuan menampung produk susu sapi dari peternak Cisarua. Bermula dari situ, pemiliknya pun membuat usaha pendukung berupa agrowisata dan restoran yang sudah terdiri 4 outlet.

Keempat outlet milik Cimory yang tersebar di Semarang dan Jogja, meliputi Comory Mountain View, Cimory Riverside View, Cimory Valley View, Bawean dan Cimory di Jogjakarta. Dari semuanya, Cimory di Bawean yang paling banyak didatangi oleh pengunjung.

Sejak April 2013, para penggemar setia produk ini tak hanya dapat menikmatinya dalam kemasan yang banyak ditemukan di berbagai pusat perbelanjaan, tapi bisa berwisata sekaligus menikmati bermacam olahan susu Cimory dengan suasana khas peternakan di Cimory on the Valley Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Cimory Valley View atau dikenal dengan nama Cimory Bawean ini merupakan salah satu outlet terbesar. Berbagai jenis olahan susu mulai dari Yogurt dengan berbagai rasa, susu hingga snack khas Semarang dijual di sini. Tak hanya itu, supermarket di Cimory Bawean ini juga menjual sosis produksi sendiri hingga boneka-boneka lucu dari sapi. Selain ada outlet susu ada juga toko cokelat bernama Chocomory yang menyediakan beragam camilan dengan kualitas premium.

Cimory Bawean juga menyediakan mini agrowisata. Cukup membayar tiket seharga Rp. 10.000/orang, sudah bisa menikmati indahnya berbagai tanaman seperti cabe hingga sirsak. Tidak hanya itu, sapi, kelinci, ayam hingga burung merak juga menjadi hiburan di sini. Tiket tersebut juga dapat ditukar dengan mix susu sapi dan kedelai, loh! Berbeda dengan playground, butuh 25 orang lebih untuk dapat masuk dalam pabrik susu.

Di lokasi agrowisata ini, anda juga dapat memperkenalkan beberapa jenis binatang kepada anak-anak di peternakan. Di Cimory ada beberapa binatang yang terlihat sehat dan terpelihara dengan baik, seperti kelinci, ayam, kura-kura, rusa, ikan raksasa, burung kakaktua, dan sapi. Anda tidak diperkenankan untuk memberi makan yang dibawa sendiri, tapi bisa membeli makan binatang seperti wortel yang sudah disediakan dengan membayar lebih kurang IDR5.000.

Selanjutnya, anda akan diajak untuk melihat sapi-sapi penghasl susu segar Cimory. Mulai dari memberi makannya, perawatan, memerah susu, menyimpan susu, sampai masuk ke bagian produksi. Ini adalah salah satu tempat yang penting untuk pembelajaran bagi anak-anak untuk lebih mengenal susu sapi dan tapi heran jika anak-anak yang masuk ke area ini akan sulit diajak berpindah. Pasalnya sapi-sapi di sini sangat lucu dan itu yang menjadikan pabrik susu ini menarik.

Ketika liburan akhir pekan atau liburan panjang, lokasi wisata ini pasti akan dibanjiri pengunjung yang berdomisili di sekitar Kabupaten Semarang maupun Jawa Tengah. Walaupun memang total areanya cukup luas, kantong parkir di Cimory ternyata tidak sepenuhnya mampu menampung jumlah kendaraan pengunjung. Jika anda berencana membawa mobil kesini, ada baiknya datang lebih awal atau bersiap mencari lahan parkir lain di luar tempat yng disediakan.

Jika anda berpikir setelah jalan-jalan di perkebunan dan peternakan langsung bisa makan siang di Cimory Resto Bawen, agaknya cukup sulit terealisasi. Nyatanya anda masih harus mengantri dan masuk waiting list. Anda disarankan untuk melakukan reservasi sebelumnya agar bisa menikmati makanan dengan nyaman dan nikmat.

Restoran ini tidak hanya akan penuh pengunjung di siang hari, tapi antriannya bisa sampai sore. Agar mendapat nomor tunggu yang tidak terlalu besar, jangan datang bersamaan dengan waktu makan siang. Jadi, sebelum ke Cimory ada baiknya anda sudah mengisi perut terlebih dahulu. Cimory buka setiap hari, dan hari Sabtu serta Minggu akan tutup jam 5 sore.

Sumber: travelingyuk.com / bonvoyagejogja.com

(Visited 181 times, 1 visits today)

Related Articles