fbpx
Suara Peternakan

Wajib Tahu, Ini Manfaat Telur Rebus untuk Kesehatan

Suarapeternakan.com – Telur adalah salah satu bahan makanan hewani yang dikonsumsi, umumnya berasal dari jenis unggas seperti ayam, bebek, angsa dan puyuh. Telur yang baik yaitu cangkang telur tidak terlalu kecil atau tidak terlalu besar, warna telur tidak terlalu pucat atau terlalu gelap, bersih dari berbagai kotoran atau pun noda, tekstur kulit telur halus mulus dan tidak kasar, tenggelam jika dimasukkan ke dalam air, apabila diteropong terlihat jernih dan kuning telur ada di tengah telur, baunya normal tidak berbau busuk, bentuk lonjong telur normal tidak bulat dan pilih yang dikemas dengan baik dan mengandung omega 3.

Telur unggas dapat diolah dengan berbagai cara antara lain, diasinkan, digoreng, dimakan mentah atau dengan direbus.

Makan telur akan membuat Anda kenyang lebih lama sehingga tak cepat lapar. Ini karena telur kaya protein sehingga mengurangi keinginan makan berlebihan.

Merebus telur cara untuk mendapatkan manfaat optimal telur yang tidak terkontaminasi dengan zat lain yang berbahaya seperti saat menggoreng. Namun, ternyata mengonsumsi telur setiap hari, baik untuk kesehatan, karena telur mengandung nutrisi dan protein yang baik bagi tubuh.

Sebuah penelitian terbaru mengatakan bahwa batas konsumsi telur dalam satu minggu adalah 12 butir untuk orang dewasa dan enam butir untuk anak-anak. Mengonsumsi telur rebus, akan ada banyak gangguan kesehatan yang bisa diturunkan risikonya, mulai dari katarak hingga kanker.

Dengan sarapan telur rebus Anda akan merasa kenyang lebih lama dan mengurangi keingian menyantap makanan sembarangan. Konsumsi telur rebus akan memberi rasa kenyang yang tak terlalu berat sehingga lebih nyaman di perut.

Konsumsi telur rebus sangat bermanfaat untuk mata, mencegah degenerasi pada macula dan dapat menurunkan risiko katarak. Karena didalam telur mengandung lutein dan zeaxanthin.


Telur baik untuk fungsi dan kinerja otak. Telur rebus mengandung kolin, nutrisi yang mengatur otak, sistem saraf, dan kesehatan katdiovaskular. Kolin bakal menjaga struktur otak, yang membantu menyampaikan pesan dari otak ke saraf dan otot.

Pada ibu hamil, telur dapat membantu perkembangan otak janin dan mencegah cacat lahir.

Manfaat telur juga dapat menyasar sel-sel kecil di tubuh seperti rambut dan kuku. Telur mengandung sulfur yang tinggi dan merupakan sumber vitamin D, mineral dan antioksidan. Kandungan ini membantu menumbuhkan rambut dan kuku yang sehat. 

Vitamin D dalam telur rebus dapat membuat tulang dan gigi kuat. Vitamin D meningkatkan penyerapan kalsium dan mengatur kadar kalisum dalam darah. Proses ini memastikan kerangka tulang mendapatkan kalsium yang dibutuhkan. 

Dikutip dari Healthy Eating, setiap hari dibutuhkan 600 unit vitamin. Dalam satu telur rebus, terkandung 45 unit vitamin D. Telur rebus menghasilkan lemak baik atau lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda. Lemak ini dapat menstabilkan kadar kolesterol darah sehingga menurunkan risiko penyakit jantung. 

Lemak sehat ini juga mengatur insulin di dalam darah dalam batas yang sehat, terutama pada orang dengan diabetes tipe 2. 

Kandungan asam amino dalam telur membuat tubuh lebih mudah memakai proteinnya. Karenatelur tinggi protein sehingga bisa mendorong metabolisme hingga 80-100 kalori. Tekur juga mengandung lemak tak jenuh tunggal dan ganda yang mengurangi penyerapan kolesterol.

Telur rendah kalori karena hanya mengandung 78 kalori per butirnya. Jika ingin mengurangi lemak, Anda bisa menyisihkan kuning telurnya. Tetapi jika ingin lebih kenyang bisa konsumsi 2 butir telur yang kalorinya kurang dari 200 kalori. Telur dapat menaikkan kadar HDL (high density lipoptotein) atau kolesterol baik. Orang dengan kadar HDL tinggi memiliki risiko lebih rendah terhadap penyakit jantung dan masalah kesehatan lain yang serius. Makan 2 butir telur tiap hari bisa m

(Visited 49 times, 1 visits today)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *