fbpx
Suara Peternakan

Video Peternak Kambing di Desa Kambing Kecamatan Enrekang

Kelompok Tani Sipakanana yang bergerak bidang agribisnis dan pengembangan teknologi budidaya ternak kambing peranakan ettawa di Desa Bolang, Kecamatan Alla.

SUARA PETERNAKAN.COM – Dominan masyarakat Desa Bolang Kabupaten Enrekang beternak kambing. Tak heran ketika para pendatang menamainya Desa Kambing. Populasi kambing mencapai puluhan ekor. Kambing yang dipelihara yaitu kambing Peranakan Ettawa (PE) dan kambing kacang.

Kecamatan Alla ditunjuk sebagai pilot projek dalam pusat perekonomian yang hasil produksi pertanian terfokus disini, khususnya pada sub sektor peternakan.

Aktivitas peternak kambing di Desa Bolang

Kelompok tani Sipakanana merupakan lembaga peternak kambing yang ada sejak tahun 1998 dan diresmikan pada tahun 2000 di Desa Bolang Kecamatan Alla.

Disekitaran kandang ditanam daun gamal untuk pakan kambing. Perlu diperhatikan umur ternak kambing ketika masa produktif. Umur menentukan keberhasilan dalam proses kebuntingan hingga melahirkan.

Untuk menghasilkan pembibitan kambing yang maksimal, masa kawin kambing perlu diatur. Kambing betina mulai dewasa pada umur 6-8 bulan. Pada umur tersebut kambing betina sudah bisa dikawinkan.

Namun, untuk kambing PE(Peranakan Etawa) perkawinan pada umur tersebut harus dihindari karena alat reproduksinya belum berkembang sempuna. Sebaiknya masa perkawinannya ditangguhkan hingga mencapai umur 15 bulan.

Untuk menghindari perkawinan pada umur muda, pemeliharaan kambing betina dipisahkan sejak umur 5 bulan. Di dalam kandang maupun di tempat pengembalaan, kambing betina sebaiknya dipisahkan dari kambing jantan. Kandang kambing jantan sebaiknya cukup luas sehingga kambing dapat bergerak leluasa, tetap kuat, dan aktif.


Kunjungan Peternakan Kambing Rakyat di Desa Bolang

Limbah dari peternakan kambing ini sebenarnya bisa dimanfaatkan menjadi pupuk kompos yang cukup berkualitas.

Pembuatan kompos dari limbah peternakan kambing, bahan-bahannya bisa dari kotoran kambing murni atau dengan tambahan bahan-bahan organik lainnya. Misalnya sisa-sisa pakan yang terbuang tadi.

Banyak sekali manfaat dan keuntungan apabila memanfaatkan kotoran kambing menjadi pupuk kompos atau pupuk kandang.

Yaitu:

  • Mengurangi jumlah penyimpanan limbah peternakan.
  • Bau yang diakibatkan oleh tumpukan kotoran kambing bisa berkurang.
  • Menghilangkan potensi patogen yang terdapat dalam kotoran ternak
  • Biji-bijian yang bisa menjadi gulma mati atau tidak akan tumbuh.
  • Mempermudah dalam pengangkutan dan pupuk kompos dapat memperbaiki tanah.
  • Pengomposan kotoran ternak dapat melepaskan unsur-unsur hara yang dapat langsung dimanfaatkan oleh tanaman.
  • Mengurangi sumber polusi dan Bernilai Ekonomi.

Manfaat-manfaat tersebut tidak terbatas hanya pada peternakan kambing saja. Ternak Sapi, kerbau, kuda, dan domba juga bisa.

Musim kemarau pakan ternak mulai berkurang. Banyak peternak kemudian menjual kambingnya di pasar. Kebutuhan akan pendidikan anaknya sehingga mengharuskan menjual kambingnya.

Musim kemarau juga banyak peternak yang menjual kambingnya, sebab kurangnya pakan. Peternak biasanya memanfaatkan berbagai jenis pakan yang ada di sekitaran kebun. Sedangkan di Musim Penghujan pakan yang melimpah.

Kesadaran akan pentingnya menanam pakan masih kurang. Namun ada juga yang meluangkan waktunya setiap hari untuk menanam berbagai jenis pakan utamanya rumput gajah, gamal dan lain sebagainya. 

Pagi hari para peternak mulai sibuk dengan aktivitasnya yaitu membersihkan bagian bawah kandang, mengambil gamal lalu memberikan kepada ternak. Mereka juga memanfaatkan kotoran kambing untuk dijadikan pupuk.

Jadi jangan heran ketika melihat kebun warga yang tampak subur. Perlu diketahui bahwa feses dan urin kambing lebih baik dibanding kotoran ternak lainnya, bukan berarti kotoran ternak lainnya tidak baik dijadikan pupuk. Urin kambing ketika dicampur dengan air kelapa, juga sangat bagus dijadikan pupuk untuk padi dibandingkan menggunakan pupuk organik.

Kendala utama yang dihadapi oleh peternak yaitu adanya ular piton yang sering memangsa ternak kambingnya.Sehingga untuk membangun kandang yang bagus memerlukan biaya yang banyak. Jenis kandang yang bagus  agar terhindar dari serangan ular piton yaitu dengan memasangkan kawat.

(Visited 216 times, 1 visits today)

Related Articles