fbpx
Suara Peternakan

UU Peternakan dan Kesehatan Hewan harus Untungkan Peternak Lokal

JSuaraPeternakan.com – Jakarta – Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Daniel Johan tidak mempermasalahkan uji materi Undang-Undanga Nomor 41 Tahun 2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan yang diajukan komunitas peternakan. Namun, aturan yang ada harus menguntungkan peternak lokal.

Daniel menilai, impor sapi menggunakan pendekatan country base atau zone base sama-sama baik. Country base, kata Daniel,  menguatkan upaya Indonesia menuju kemandirian dan kedaulatan pangan. Karena peternak lokal lebih terlidungi.

“Tapi (zone base) sangat menguntungkan beberapa negara seperti Australia. Zona base punya sisi baik, agar Australia tidak kepala besar dan posisi tawar Indonesia kuat,” kata Daniel pada Metrotvnews.com, Senin (30/1/2017).

Pendekatan country base mengharuskan impor ternak dan produk ternak dari negara-negara yang bebas penyakit. Dalam kasus ternak dan daging sapi misalnya, harus bebas penyakit mulut dan kuku (PMK). Sebaliknya, pendekatan zone base membolehkan impor dari zona suatu negara yang bebas PMK walaupun negara tersebut belum bebas PMK.

Meski zone base hanya boleh dilakukan pada kondisi genting, tapi kata dia tergantung pilihan pemerintah. “Intinya, apapun pilihannya harus kita jalankan sebesar-besarnya untuk keuntungan bangsa dan negara, bukan disalaghunakan untuk pihak tertentu,” kata Daniel.

Saat ini Indonesia menggunakan pendekatan zone base buat impor sapi. Sejumlah peternak menggugat itu lewat Mahkamah Konstitusi. Mereka ingin Indonesia kembali menggunakan country base, seperti diatur dalam UU Peternakan dan Kesehatan Hewan yang lama: UU No 18/2009.

Mahkamah Konstitusi belum memutuskan uji materi yang diajukan komunitas peternakan terhadap UU 41/2014. Belum diputus, uji materi itu kini menjadi polemik. Hakim MK Patrialis Akbar ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi. Dia diduga menerima suap terkait uji materi tersebut.

Sumber : News.MetroTVNews.com

(Visited 34 times, 1 visits today)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *