fbpx
Suara Peternakan

Universitas Hasanuddin Laksanakan Program Kemitraan Wilayah di Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang

Suarapeternakan.com – Makassar. Dalam meningkatkan kapasitas pengetahuan dan keterampilan petani peternak dalam pengembangan usahatani sapi potong dan tanaman pangan sebagai pakan ternak dengan introduksi teknologi, maka Universitas Hasanuddin melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) melaksanakan Program Kemitraan Wilayah di Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang.

Tim LPPM UNHAS yang terlibat dalam kegiatan PKW adalah Prof.Dr.Ir.Jasmal A Syamsu,M.Si.,IPU.,ASEAN Eng, Dr. Ir. Ilham Rasyid, M.Si, IPM, ASEAN Eng, Ir. Daryatmo, S.Pt.,M.Si, IPM, serta Abdul Molla, SP.,M.Si. Salah satu rangkaian pelaksanaan kegiatan PKW antara lain pelatihan teknik formulasi ransum sapi potong teknologi pengolahan limbah-limbah tanaman pangan (jerami padi) dilanjutkan dengan demplot atau percontohan pakan jerami fermentasi. Disamping itu dilaksanakan pula pengolahan pakan konsentrat sapi potong.

Pengolahan pakan fermentasi jerami padi (1/7/2020) telah menghasilkan jerami padi yang siap digunakan sebagai pakan sapi potong. Selain itu telah pula dilaksanakan pelatihan dan pengolahan pakan konsentrat sapi (7/8/2020) yang dihadiri oleh para peternak sapi potong yang tergabung dalam kelompok tani ternak. Kegiatan dibuka oleh Kepala Bidang Pengembangan Produksi dan Agribisnis Peternakan Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Pinrang Ir. Masrul Agus, MM didampingi oleh Kepala Seksi Produksi Peternakan Kahar, S.Pt., M.Si, dan beberapa staf peternakan. Dalam diskusi,  para peternak berkeinginan untuk mengembangan pemeliharaan ternak dengan pola penggemukan dengan memanfaatkan sumberdaya pakan lokal dalam bentuk pakan konsentrat sapi potong.

Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Pinrang Ir. Ilyas, M.Si mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada UNHAS yang telah melaksanakan kegiatan PKW di Kecamatan Suppa. Diharapkan kegiatan ini dapat berkelanjutan sehingga bimbingan dan pendampingan kepada peternak dapat terus dilakukan dengan melakukan introduksi teknologi dalam pengembangan sapi potong.

(Visited 27 times, 1 visits today)

Related Articles