fbpx
Suara Peternakan

Hindari Pemberian Sayuran Pada Kelinci Umur 3 Bulan

SuaraPeternakan.com – Kelinci membutuhkan karbohidrat, lemak, protein, mineral, vitamin dan air dengan jumlah yang disesuaikan dengan umr, tujuan pemeliharaan, serta kecepatan pertumbuhannya. Pakan dan minum diberikan pada pagi sekitar pukul 10.00. pakan terbuat dari dedak yang dicampur dengan air. Pukul 13.00 dan 19.00, kelinci diberi rumput. Porsi rumput pada sore hari lebih banyak dibanding pagi hari. Pemberian minum sebanyak 4 liter per hari/ekor.

Jerami yang diberikan haruslah berkualitas tinggi, kaya gizi dan bersih. Pakan hijauan dari tanaman pekarangan hendaknya hanya diberikan pada anak-anak kelinci yang telah berumur lebih dari 3 bulan serta kelinci dewasa. Selain rumput dari jerami, kelinci juga bisa diberi kubis, wortel, kentang atau ubi jalar.

Pakan kelinci dapat berupa hijauan, namun hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan pokok hidup, sehingga produksinya tidak akan maksimum, oleh karena itu dibutuhkan juga pakan konsentrat.

Pada 3 bulan pertama, hindari pemberian sayuran. Penambahan wortel masih dibolehkan dalam kadar sangat terbatas. Jadi kelinci kecil jelas tidak dapat mengonsumsi aneka dedaunan hijau seperti bayam, kangkung, daun kacang sampai daun lembayung. Juga jenis sayuran lain.

Penambahan sayuran apalagi yang kadar seratnya terlalu keras, mengandung air berlebihan dan memiliki efek memberatkan kinerja pencernaan. Ini akan menyebabkan gangguan kesehatan pada kelinci kecil dan ini dapat memicu kematian.

Selama masa 3 bulan ini akan lebih baik bantu kelinci tumbuh dengana asupan kacang-kacangan atau untuk lebih aman dapat diberikan pelet khusus kelinci. Belakangan malah sejumlah produsen pakan memproduksi pakan kelinci khusus kelinci bayi dan anakan.

Setelah 3 bulan, penambahan sayur dapat dilakukan dengan bertahap. sampai pencernaan cukup kat di usia 5 bulan, kelinci akan siap sepenuhnya mengonsumsi aneka sayuran dan buah tanpa masalah. Berikan pula minum untuk kelinci dari sumber air yang bersih. Karena kelinci ternyata lebih nayaman hidup dengan suplai air yang bersih.

Berikut langkah langkah cara memberi minum kelinci dan pakan kelinci.

1. Sediakan Tempat Makan dan Minum yang Khusus

Sebelum memberi makan dan minum kelinci, sobat harus menyediakan mangkok yang diikat di besi kandang. Atau beli tempat makan kelinci khusus di toko hewan terdekat. Tujuannya supaya makanannya tidak tercecer kemana mana. Jika kelinci kalian makan rumput kering (hay) bisa langsung ditaroh di wadah besar khusus makanan. Sehingga kandangnya tidak berantakan dan bersih.

Dengan menggunakan wadah minum khusus tersebut, air jadi mudah dikontrol. Kalau habis tinggal ditambah. Selain itu agar tidak berceceran dan mudah disedot.

2. Mengatur Jadwal Makan dan Minum Kelinci
Kelinci merupakan hewan nokturnal yang aktif di malam hari. Sehingga dalam pemberian jadwal makan, anda wajib memberinya makanan dengan porsi besar pada malam hari. Misal 2-3 kali dalam satu malam. Kelinci memakan sedikit demi sedikit namun sering. Jadi alangkah baiknya jika sobat memberinya juga sedikit tapi sering. Jangan terlalu banyak. Hal ini untuk menghindari makanan tercecer kemana mana. Hingga akhirnya tumbuh bakteri penyakit.

Banyak pemilik kelinci yang mengabaikan poin ini. Mereka cenderung memberi makan yang banyak pada pagi atau siang hari, namun lupa pada malam hari. Sehingga si rabbit mati karena kembung minum air terus serta menggigit kayu kandang akibat kelaparan tidak ada makanan.

3. Pilih Jenis Pakan yang Baik untuk Diberikan
Dalam pemberian pakan pada kelinci harus memenuhi kebutuhan nutrisinya agar si kelinci tumbuh dengan baik dan sehat. Gizi yang seimbang sangat diperlukan. pakan yang diberikan juga disesuaikan keadaan dan usia.

a). Pemberian Pakan Kelinci Usia 0-2 Bulan
Untuk kelinci yang masih kecil harus benar benar diperhatikan jumlah dan jenis makanannya. Jika anda memberinya sayuran seperti kangkung, sawi dan kubis maka porsinya jangan terlalu banyak. Sebab sayuran tersebut mengandung banyak gas yang berakibat si kelinci diare dan kembung. Akan lebih baik jika sobat memberinya pakan berupa rumput layu dan pelet untuk menghindari kelinci diare dan kembung yang berujung kematian.

b). Pemberian Pakan Pada Kelinci Hamil
Tidak hanya kelinci, semua hewan maupun manusia yang sedang hamil membutuhkan asupan makanan yang bergizi dan porsi lebih banyak. Sebab, bayi yang dikandungnya membutuhkan makanan juga untuk pertumbuhan mereka dan kelak bisa lahir dengan normal dan sehat.

c). Pemberian Pakan Ampas Tahu
Makanan ampas tahu biasa digunakan para peternak untuk peliharaan mereka. Ampas tahu bisa digunakan sebagai pakan kelinci yang sangat baik. Kandungan gizinya hampir sama dengan pelet. Hanya saja pelet lebih mahal harganya namun lebih awet. Sedangkan ampas tahu hanya bertahan kurang dari 3 hari. Sebelum memberikan ampas tahu pada kelinci, sobat harus memerasnya terlebih dahulu agar airnya terkurangi dan tidak menyebabkan kembung.

d). Alternatif Pakan Lainnya
Selain sayuran dan ampas tahu, sobat juga boleh memberikan buah buahan. Tapi jangan terlalu sering. Karena bisa mengganggu pencernaan kelinci. Untuk biji bijian, disarankan berupa ubi jalar, ketela pohon dan biji jagung. Bekatul juga cocok untuk kelinci, cara memberinya harus dicairkan dulu dengan air serta jangan sampai berasa asam. So, harus fresh dan masih baru pada saat memberinya.

Pada dasarnya makanan terbaik untuk kelinci adalah rumput.

4. Pemberian Minum Pada Kelinci

Memberi minum pada kelinci bisa dibilang wajib. Jangan percaya mitos mitos sesat yang tersebar saat ini. Kelinci itu sangat mudah dehidrasi. Dia butuh cairan meskipun sudah makan rumput basah. Lalu bagaimana cara memberi minum kelinci?

Gunakan botol khusus kelinci dan sediakan selalu air di dalamnya. Bila didapati air minumnya habis, segeralah di isi ulang supaya kelinci anda tetap terjaga asupan cairan yang ada di tubuhnya.

(Visited 115 times, 1 visits today)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *