fbpx
Suara Peternakan

Tentang Kuda dan Manfaatnya untuk Manusia

SUARAPETERNAKAN.COM – Kuda adalah salah satu jenis spesies modern mamalia. Termasuk dalam genus Equss. Kuda menjadi hewan peliharaan yang sangat penting secara ekonomis dan menjadi alat pengangkutan orang dan barang selama ribuan tahun yag lalu.

Foto: pixabay.com

Dibeberapa daerah kuda digunakan sebagai sumber makanan. Sekitar 4500 SM peternakan kuda diperkirakan telah dimulai. Dalam bahasa Jawa kuda biasanya disebut jaran, sedangkan di Makassar disebut jarang.

Menurut ukurannya, kuda terdiri atas, kuda-kuda yang ringan, seperti kuda Arab, Morgan, Quarter Horse, Paint dan Thoroughbred beratnya bisa mencapai sekitar 590 kg. Kuda yang “berat” atau kuda beban, seperti misalnya Clydesdale, Draft, Percheron, dan Shire beratnya dapat mencapai hingga 907 kg.

Pertama kali dimanfaatkan sebagai hewan tunggangan oleh suku-suku pengembara (nomaden) di padang rumput dan gurun Asia Tengah dan Utara.  Kuda dalam berbagai kebudayaan dianggap sebagai simbol kebebasan, kecerdasan, dan kekuatan.

Status Konservasi: dijinakkan

Klasifikasi Ilmiah:

Kerajaan: Animalia

Filum: Chordata

Kelas: Mamalia

Ordo: Perissodactlyla

Famili: Equidae

Genus: Equus

Spesiae: E. Caballua

Cara menandai umur kuda dengan melihat giginya? Sebab rumput yang dimakan oleh kuda mengandung pasir dan debu, gigi mereka lambat laun aus dan tingkat keausan ini menunjukkan umurnya.

Gigi kuda sangat panjang, mirip dengan tongkat yang tertanam pada tulang rahang. Terlihat di permukaan gusi. Masing-masing gigi dapat aus sepanjang 2,5 sampai 5 cm sebelum ia tak dapat dipakai untuk mengunyah.

Kuda  diberi kemampuan penting lainnya pada bulu-bulu kuda. Bulu kuda menjadi semacam thermostat – alat yang digunakan untuk mengatur suhu tubuh – bagi mereka. Tubuh mereka harus terjaga pada suhu 38 derajat Celcius . Untuk memelihara suhu ini, bulu kuda menjadi lebih panjang di musim dingin. Di musim panas, kuda merontokkan bulu-bulunya, dengan begitu suhu tubuh mereka tetap terjaga.

Sifat menarik dari kuda yaitu kuda tidur berdiri. Tulang kaki kuda memiliki kemampuan untuk “mengunci” selama tidur. Sehingga tidak terjatuh. kuda dapat tidur berdiri dan juga membawa beban berat.

Kaki kuda diciptakan tidak hanya untuk dapat membawa beban berat tetapi juga untuk berlari cepat. Disisi lain, Kuda tidak memiliki tulang selangka, suatu ciri yang memungkinkan mereka melangkah lebih lebar. Selain itu, terdapat mekanisme pada tulang dan otot kaki mereka yang menurunkan jumlah tenaga yang dikeluarkan ketika mereka berlari semakin cepat dan meningkatkan kemampuan bergerak.

Sebenarnya membawa beban berat atau berlari cepat bukanlah keterampilan yang diperlukan kuda untuk dirinya sendiri. Kemampuan ini diberikan kepada kuda bukan untuk kebutuhan mereka sendiri, melainkan untuk membantu manusia dalam membawa barang dan lain sebagainya.

Sumber: Wikipedia

(Visited 124 times, 1 visits today)

Related Articles