fbpx
Suara Peternakan

Temuan Perempuan HKTI, Ayam Menghasilkan Telur Langsung Konsumsi

Menelisik lebih jauh, apakah sehat memakan telur mentah? Terkadang orang mencampur telur mentah pada smoosthies sebagai protein tambahan atau menjadi saus Hollandaise. Di jepang memakan nasi dengan telur mentah. Telur kaya akan manfaat untuk kesehatan diantaranya, telur kaya lemak sehat, protein, kuning telur mengandung vitamin A,B,D,Edan K dan melindungi dari penyakit jantung.

Foto: kucingpedia.com

Perempuan Tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) kembali membuat eksperimen. HKTI bekerjasama dengan industri pakan ternak/ayam, menemukan telur ayam yang langsung dimakan begitu keluar dari induk ayam.

Uji coba tersebut dilakukan di Maleber, Cianjur, Jawa Barat. Hasil observasi yang mereka lakukan memperlihatkan hal positif. Uji coba tersbut sebagai program biosolution enzact (enzym activation) untuk ayam petelur. Terdapat 50 ekor ayam yang menjadi uji coba dalam kandang yang luasnya 20 meter persegi.

Ayam dari bibit unggul dan dalam kondisi sehat, kemudian diberi enzim khusus yang kini dikembangkan oleh sebuah industri pakan ternak. Enzim tersebut diberikan kepada ayam dengan mencampurkan melalui air minum.

Enzim ini juga menjadi solusi berhemat dalam budidaya ernak ayam. Enzim ini akan membuat nutrisi lebih banyak terserap oleh ayam sehingga tidak banyak yang terbuang. Dilansir dari agronet.id, bau kotoran ayam pun menjadi berkurang bahkan sama sekali tidak berbau. Dian Novita mengatakan, telur yang dihasilkan ayam bisa dimakan mentah begitu telur tersebut keluar dari dubur ayam. “Telur ayam hasil program biosolution enzact wujudnya akan ‘menjadi telur setengah matang’. Oleh karena itu, telur tersebut langsung bisa dikonsumsi. Tak percaya? Anda bisa mencobanya.” Ujarnya.

Sekitar 20 ekor ayam bisa menghasilkan 14 butir per hari. Pemberian enzim ini juga berpengaruh pada produktivitas telur ayam.

“Nantinya Perempuan Tani akan mengembangkan program ini bersama masyarakat dengan memberikan 100 ekor per KK, ditahap awal dicoba bersama 5 KK dengan jumlah 500 ekor ayam,” kata Dian dalam keterangan tertulis kepada wartawan tribun di Jakarta. Jumat (23/2/2018).

Sumber: agroned.id, tribunnews.com

(Visited 46 times, 1 visits today)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *