fbpx
Suara Peternakan

Sukses Budidaya Lebah dengan Pemilihan Bibit yang Berkualitas

Suarapeternakan.com – Ratu lebah yang berkualitas unggul mempunyai sifat-sifat yakni pertama ratu lebah berusia muda (tidak lebih dari satu tahun), kedua mempunyai badan gemuk dan berjalan lancer, ketiga tidak cacat dan tidak berpenyakit dan keempat aktif bertelur setiap harinya dengan jumlah telur yang maksimal.

Lebah ratu, keberadaannya bisa mengundang lebah pekerja dan lebah pejantan untuk ikut bergabung dalam komunitasnya.

Peran dari ratu lebah itu sangat penting. Anda harus menyertakan ratu lebah dalam koloni, itu penting.

Untuk menemukan ratu lebah madu, Anda bisa melihat dalam kerumunan koloni lebah. Lalu cobalah untuk menyibakkan perlahan koloni itu dengan telapak tangan. Hal tersebut supaya bisa dengan mudah melihat sang ratu lebah.

Ciri ratu lebah itu ukurannya fisiknya lebih besar dan panjang dibanding lebah pekerja. Warnanya pun juga berbeda, agak coklat kehitaman. Nah, apabila sudah melihat ratu lebah, bisa ditanggap dengan dua jari saja bagian sayapnya. Pastikan untuk hati-hati ketika menangkap agar tidak melukai ratu lebah. Kalau sudah bisa ditangkap, Anda bisa memotong sayapnya. Kemudian memindahkannya ratu lebah liar itu ke stup kotak atau tempat ternak madunya.

Dalam beternak lebah madu agar menghasilkan keuntungan yang optimal, seorang peternak lebah madu harus mempunyai minimal 100 kotak koloni lebah madu.

Langkah-langkah untuk meningkatkan jumlah koloni lebah madu adalah sebagai berikut:
1. Gembalakan lebah madu pada lokasi yang di sana tersedia pakan cukup banyak. Dengan tersedianya pakan yang cukup maka ratu lebah akan lebih banyak menghasilkan telur dan lebah pekerja juga lebih giat membuat sarang baru.
2. Menyiapkan calon ratu lebah madu untuk ditempatkan dalam koloni lebah madu yang baru.
3. Memisahkan koloni lebah madu yang sudah padat ke dalam kotak koloni lebah madu yang baru, dan menempatkan calon ratu lebah baru atau ratu lain yang sudah jadi.

Adapun cara membuat calon ratu lebah adalah ambil larva lebah madu yang baru menetas; usia 1 hari.

Masukan ke dalam satu potong frame royal jelly. Frame royal jelly yang sudah terisi larva lebah madu ditempatkan pada kotak super (kotak lebah madu yang berisi koloni lebah madu, minimal 2 tingkat).

Sekat/pisahkan kotak super lebah madu tersebut, ratu lebah berada di kotak bawah, dan frame royal jelly calon ratu lebah madu ditempatkan pada kotak atasnya. Dengan demikian, ratu lebah madu tidak bisa mendekati calon ratu lebah madu.

Selanjutnya, diamkan selama 11 hari sampai calon ratu lebah menjadi kepompong. Setelah sebelas hari, calon ratu lebah dipindahkan ke kotak lebah yang besisi koloni lebah tanpa ada ratunya. Setelah 13 hari, calon ratu lebah keluar kepompong dan langsung diangkat menjadi ratu lebah oleh koloni lebah tersebut. Biasanya, setelah seminggu, ratu lebah siap untuk kawin dan mengembangkan koloni lebah yang baru di tempat tersebut.


Kualitas madu yang dihasilkan dari peternakan lebah, ada hubungannya juga dengan bibit lebah madu yang digunakan. Apabila bibit lebah madu memiliki kualitas yang unggul, maka potensi untuk menghasilkan madu yang berkualitas juga semakin tinggi. Ini yang jarang diperhatikan oleh petani madu kelas bawah.

Untuk itu bagi yang ingin beternak lebah madu, sebaiknya mengenai ciri-ciri bibit lebah madu yang bagus. Agar nantinya dapat menghasilkan madu yang juga berkualitas.

Ciri-ciri bibit lebah madu yang baik, diantaranya adalah Ratu lebah yang bagus, bibit lebah madu yang bagus adalah memiliki ratu lebah yang dari segi fisik bagus. Usianya diantaranya 3 hingga 12 bulan. Jumlah Telur Banyak, tidak hanya dari fisik saja, ratu lebah juga harus memiliki jumlah telur yang banyak dan berkualitas.

Lebah Agresif, biasanya yang bagus itu lebah madu dalam kondisi agresif. Larva Segar, ciri lainnya adalah larva lebah yang dihasilkan kondisinya segar. Hasil Panen banyak, Selanjutnya dari hasil panen yang didapatkan, jumlahnya bisa banyak baik itu madu, bee pollen, royal jelly maupun propolis.

(Visited 53 times, 1 visits today)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *