fbpx
Suara Peternakan

Stylo, Pakan Herbal untuk Ternak Ruminansia

Suarapeternakan.com -Tanaman leguminosa Styloshanthes guianensis (Stylo) adalah tanaman pakan yang tersebar di berbagai agroklimat di Indonesia. Ditanam dalam sistem tumpang sari, berguna untuk tanaman pangan sebagai hijauan makanan ternak. Selain itu digunakan sebagai pelindung tanaman lain dan penutup tanah, serta mencegah terjadinya erosi.

Pada akar tanaman legum ini, terdapat bintil-bintil akar yang mengandung bakteri Rhizobium, yang menjalin interaksi simbiosis dengan tanaman inang dalam proses fiksasi (N) secara biologis dari udara sehingga dapat berperan meningkatkan kesuburan tanah.

Tanaman legum ini sebagai alternatif pakan hijauan yang potensial sebagai pakan ternak.

Tanaman stylo siap dipanen ditandai dengan siap berbunga. Stylosanthes guianesis termasuk sub famili Papilionaceae berasal dari Amerika Tengah dan Selatan.

Menurut (Soedomo-Reksohadiprodjo, 1985) sistematika Stylosanthes guianensia adalah sebagai berikut.

Phylum: Spermatophytae
Sub phylum: Angiospermae
Classis: Dicotyledoneae
Ordo: Rosales
Sub Ordo: Rosinae
Famili: Leguminosae
Sub famili: Papilionaceae
Genus: Stylosanthes
Species: Stylosanthes guianensis
Cultivar: CIAT 184

Pada tanaman stylo, pemotongan dilakukan lebih awal bertujuan untuk meningkatkan kandungan protein kasar pada daun dan batang, namun menurun pada produksi biomassa dan menurun pada kandungan dinding sel. Apabila pemotongan dilakukan saat umur sudah tua, meski produksi tanaman meningkat namun kualitasnya menurun. Sebab kandungan dinding sel meningkat dan kandungan protein kasar menurun.

Umur pemotongan yang ideal pada saat 4 bulan atau 126 hari setelah tanam (HST) atau pada saat tanaman mulai atau menjelang berbunga, ditandai jumlah tanamannya mencapai 5-10%. Panen berikutnya dilakukan pada 50-60 hari saat musim hujan dan 60-70 hari saat musim kemarau.

Sudah banyak dianalisa secara proksimat, komposisi Stylosanthes sangat bervariasi namun secara umum relatif lebih tinggi dibanding rumput-rumputan.

Kandungan serat tinggi. Pada kambing, direkomendasikan pemberiaannya 100% stylo. Sebab kambing lebih memilih pakan hijauan berupa leguminosa (daun-daunan) dibanding rumput.

Stylosanthes Guianensis sangat disukai ternak ruminansia seperti kambing, domba maupun sapi dan kerbau. Daoat juga dijadikan sebagai feed suplement untuk ternak ayam, babai dan ikan. Diberikan dalam keadaan segar ataunkering diproses dalam bentuk tepung daun.

Hasil penelitian menyebutkan bahwa sangat baik kualitas dan kuantitasnya denhan priduksi tanaman 40 ton/ha/tahun bahan kering (BK).

Kelebihan Stylo yakni dapat tumbuh dengan baik pada musim kemarau yang panjang. Daun dan batang lembut walaupun umur tanaman sudah cukup tua karena panen / pemotongan yang terlambat sehingga pemberiannya kepada ternak masih baik dilakukan karena tidak berpengaruh terhadap palatabilitas ternak.

Legum stylo pemanfaatannya sebagai rumput potonh, dilakukan dengan cara potong angkut (cut and carryng system). Bertujuan untuk ternak tetap berada didalam kandang sehingga mudah dimonitor kondisinya. Akan tetapi membutuhkan biaya operasional yang mahal.

Stylo mengandung protein serta mineral yang tinggi. Namun tidak tahan terhadap pemotongan yang pendek, karena harus ada tunas batang untuk pertumbuhan kembali, sehingga pemotongan yang haik dilakukan 20-25 cm diatas permukaan tanah.

Umur panen lebih singkat, panen pertama 3 bulan sedangkan panen berikutnya 30-40 hari pada musim penghujan dan 40-50 hari pada musim kemarau dengan tinggi pemotongan 5-10 cm dari permukaan tanah.

Peternak harus tahu bahwa legum stylo tidak tahan terhadap renggutan dan injakan. Sehingga tidak tahan terhadap pengembalaan berat, namun produksi biji yang baik, dapat tumbuh dengan mudah dan cepat merapat dan menutup tanah.

Menurut Yusuf dan Partidge (2002) bahwa legum stylo cocok dikombinasikan untuk disebar pada padang rumput. Dapat merubah komposisi botani menuju spesies yang lebih produktif.

Sumber: litbang.pertanian.go.id

(Visited 154 times, 1 visits today)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *