fbpx
Suara Peternakan

Steak Jamur Rasa Daging Menjadi Sorotan dan Digemari oleh Banyak Orang

Suarapeternakan.com – Daging nabati menjadi tren di industri kuliner dunia, dipercaya dapat menjadi solusi bagi seorang vegetarian yang ingin memakan daging tapi tanpa harus menyembelih sapi. Seperti yang belum lama ini muncul, ada olahan daging nabati yang dibuat menjadi steak.

Olahan olahan daging nabati dijumpai dalam ajang konferensi Good Food Conference, San Fransisco. ‘Daging’ steak tanpa daging tersebut menjadi sorotan dan digemari oleh banyak orang. Terbuat dari jamur yang merupakan hasil inovasi dari produsen Ecovative yang berbasis di New York yang sebelumnya sudah mengembangkan produk bio-degradable berbahan akar jamur.

Sejak tahun 2007, perusahaan ini fokus mengembangkan produk kemasan bio-degradable berbahan miselium atau akar jamur.

Jamur ini memiliki tekstur dan struktur yang mirip dengan daging asli. Bahkan tak hanya daging, jamur juga bisa dikembangkan menjadi sosis atau pun patty burger.

Sebelumnya perusahaan ini berhasil membuat kemasan plastik ramah lingkungan yang mudah mengurai. Kemasan ini lantas menjadi laris manis di tengah isu pemanasan global dan kerusakan lingkungan, juga mencoba membuat bahan pengganti kulit dengan jamur.

“Anda bisa mengolah jamur menjadi berbagai bentuk yang unik,” kata Gavin McIntyre, salah satu pendiri perusahaan.

Pengusaha teknologi asal Italia Giuseppe Scionti juga termasuk spesialis bidang teknik jaringan. Scionti biasa menerapkan keahliannya dalam hal makanan.

Lewat perusahaannya di Spanyol, NovaMeat, ia berhasil mengolah aneka bahan nabati seperti kacang polong, beras dan rumput laut. Kini ia tengah mengembangkan alat yang bisa membuat steak nabati yang rasa dan teksturnya sangat mirip.

NovaMeat kabarnya sudah mengumpulkan dana sekitar $2 juta (Rp 28 Miliar) untuk mengambangkan teknologi produksi daging nabati ini. Bukan tidak mungkin, produk daging nabati ini akan menjadi hits saat sudah dipasarkan secara bebas.

Sumber: Indozone.id/food detik.com

(Visited 12 times, 1 visits today)

Related Articles