fbpx
Suara Peternakan

Selain Unta, 3 Hewan Ini Bisa Bertahan Hidup di Padang Pasir

SUARAPETERNAKAN.COM – Padang pasir dengan hamparan pasir yang luas, kondisinya gersang dan panas. Padang pasir identik dengan unta sebagai salah satu hewan yang terkenal karena bisa bertahan hidup ditempat yang airnya sedikit.

Selain unta, ada juga beberapa hewan yang bisa hidup di padang pasir yaitu, kadal Thory Devil, Kura-kura Gurun dan kijang dorcas.

1.Kadal Thorny Devil

Kadal Thorny Devil bisa bertahan hidup di padang pasir yang panas. Thorny devil merupakan jenis kadal yang memiliki kulit berduri dan terlihat seperti paku yang runcing.

Selain mirip seperti duri mawar, ternyata duri di kulitnya ini berfungsi untuk menangkap air yang jatuh ke permukaannya. Air yang biasanya berasal dari embun itu lalu dialirkan ke mulutnya. Jadi, kadal thorny devil bisa tetap minum.

Biasanya memakan semut hitam dan memakan ribuan semut hitam setiap harinya.Hewan bernama Latin Molloch horridus ini ternyata bisa hidup sampai 15 tahun.

2. Kura-kura Gurun

Kura-kura merupakan salah satu hewan yang bisa hidup di berbagai tempat. Ada kura-kura yang hidup di laut, sungai, rawa, hutan, padang rumput, dan juga padang pasir.

Kura-kura yang hidup di padang pasir disebut kura-kura gurun. Mereka biasanya tinggal di padang pasir di wilayah Amerika dan Meksiko. Hewan bernama Latin Gopherus agassizii ini punya kaki dan cakar yang kuat untuk menggali lubang. Kura-kura Gurun, Hewan yang Bisa Bertahan Tanpa Minum Selama Setahun.

Ada lubang yang besar untuk mereka berlindung dari teriknya matahari. Ada juga lubang yang kecil untuk menampung air hujan. Air hujan yang mereka kumpulkan ini menjadi cadangan air untuk mereka di tempat yang kering.

Uniknya, kalau sudah minum cukup banyak air, kura-kura gurun dewasa bisa bertahan tanpa minum selama setahun. Itu karena mereka bisa menyimpan air yang mereka minum di kandung kemih dan digunakan sedikit demi sedikit.

3. Kijang Dorcas

Kijang dorcas merupakan salah satu jenis kijang kecil yang hidup di padang pasir. Hewan bernama Latin Gazella dorcas ini biasanya tinggal di daerah yang cuacanya panas ekstrem.

Sama seperti hewan padang pasir lainnya, kijang dorcas memiliki cara sendiri untuk membuatnya tetap bertahan hidup dengan air yang sedikit. Mereka biasanya memakan beberapa jenis tumbuhan yang mengandung banyak air.

Air yang ada di tumbuhan yang mereka makan itu kemudian diserap dan disimpan di dalam tubuhnya. Maka itu, mereka tetap mendapatkan asupan air yang cukup banyak walaupun tidak minum. Nah, itulah beberapa hewan yang hidup di padang gurun selain unta.

Sumber: Bobo.id

(Visited 191 times, 1 visits today)

Related Articles