fbpx
Suara Peternakan

Sama-sama Bertubuh Mini, Namun Ayam Serama Berbeda dengan Kate

SuaraPeternakan.com – Ayam kate dan ayam serama diperuntukan untuk ayam hias dan banyak dipelihara di Indonesia.

Sekilas ciri-ciri serama dengan ayam kate memang terlihat sangat mirip. Namun bagi pecinta ayam hias dan sudah berpengalaman beternak, membedakan kedua jenis ayam ini cukup mudah.

ayam serama
ayam kate

Awalnya, ayam kate sudah dikenal banyak orang sehingga populasinya sangat banyak. Kemudian ada ayam serama yang memiliki badan dan ekor mirip dengan ayam kate namun berbeda disisi dada dan ukuran tubuhnya.

Dilansir dari berbagai sumber berikut penjelasan singkat mengenai ayam serama dan ayam kate

Asal Usul

Ayam serama berasal dari Negeri Jiran, Malaysia. Di Indonesia, masyarakat mulai mengenal ayam serama pada tahun 2000-an. Asal kata “serama” adalah dari kata “sri” dan “rama” yang memiliki arti ksatria anggun yang gagah berani.

Namun tidak sedikit yang masih bingung membedakan ayam kate dengan ayam serama karena memiliki ukuran yang sama-sama mini.

Ayam kate atau ayam katai atau dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Bantam chicken, pertamakali ditemukan oleh para pedagang Eropa, sekitar tahun 1700an di pelabuhan di pulau Jawa bernama Bantam, atau kita lebih mengenalnya sebagai Karesidenan Banten, atau sekarang Provinsi Banten.

Karena bentuknya yang mini dan lucu, ayam jenis ini banyak digunakan sebagai ayam hias, bukan ayam pedaging atau petelur. Dari pertamakali ditemukan oleh para pedagang Eropa pada tahun 1700an tersebut, ayam kate sudah banyak mengalami persilangan, dan populasi asli ayam kate sendiri sudah sangat kecil.

Salah satu hasil persilangan terakhir adalah Ayam Serama pada tahun 1971 yang dilakukan oleh pebudidaya di Malaysia, dan menjadi ras ayam terkecil di dunia.

Keunikan

Keunikan ayam serama ini bisa membusungkan dada dan kepalanya tegak ke belakang hampir menyentuh ekornya. Ayam serama juga bisa menegakkan ekornya 90 derajat. Ketika ayam ini unjuk kebolehan, sayapnya akan luruh ke bawah. Warna bulu serama terang dan tidak kusam, kebanyakan hitam atau merah. Ditambah gaya atraktif membuatnya semakin cantik.

Ayam kate memang memiliki dada lurus dan tidak menonjol atau tidak membusungkan dada. Warna ayam kate lebih bervarian daripada ayam serama.

Kaki ayam serama kecil dan langsing, berbeda dengan ayam kate yang memiliki kaki gendut namun pendek. Jadi untuk ayam kate terkesan seperti ayam cebol sedangkan ayam serama terlihat mungil dan lucu.

Ada salah satu jenis ayam kate yang sangat mirip dengan ayam serama yaitu ayam kate jepang. Ciri-cirinya yaitu memiliki bulu kuning keemasan dan pada bagian ekornya berwarna putih bercampur kuning, jengger berwarna merah, kaki pendek dan berwarna putih kekuning-kuningan.

Kemiripan Ayam Serama dengan Ayam Kate

Banyak yang mengatakan bahwa ayam serama ini mirip dengan ayam kate. Memang benar ayam serama adalah termasuk golongan ayam kate. Perbedaan ayam serama dan ayam kate yaitu :

Ayam kate memiliki bentuk badan yang lebih besar, dadanya lurus dan tidak menonjol.

Sedangkan Ayam serama memiliki bentuk badan yang lebih kecil dan dadanya sedikit terangkat atau membusung serta sayapnya bisa jatuh lurus kebawah.

Menurut Jenisnya

Ayam serama terkenal dengan julukan si ayam sombong. Karena memang ayam serama suka membusungkan dadanya sehingga terlihat seperti orang yang sombong. Terkadang ayam serama juga terlihat seperti prajurit yang siap berperang berkat postur tubuhnya yang gagah tegap berdiri.

Terdapat beberapa jenis dari ayam serama, antara lain :

  1. Serama Tipe Slim
    Serama tipe slim merupakan salah satu jenis ayam serama yang pertama kali muncul. Pada awalnya, jenis ayam mini hanyalah ayam kate. Namun, setelah ayam ini ditemukan, mulai dikenal dengan sebutan ayam serama. Bisa dikatakan ayam serama tipe slim merupakan nenek moyang dari jenis serama. Awal ditemukannya, ayam ini langsung menjadi primadona dan banyak diincar oleh para pengoleksi ayam hias. Namun saat itu, beratnya mencapai 600 gram hampir seperti ayam bangkok namun lebih kecil.
  2. Serama Apple
    Serama apple mulai dikenalkan sekitar tahun 2003-2004. Memiliki bentuk tubuh bulat dan kaki pendek sehingga terlihat seperti apple.
  3. Serama Ideal
    Serama ideal merupakan jenis serama yang biasa disebut sebagai serama kontes. Tidak seperti kedua jenis sebelumnya, bisa dikatakan serama ideal merupakan jenis serama yang paling sempurna. Dengan badan kecil sekitar 300 gram, dan memiliki gaya yang eksotis. Saat serama tipe ini membusungkan dadanya, maka kepalanya akan terangkat tegak bahkan kepalanya bisa hampir menyentuh ekornya. Sayapnya pun akan jatuh lurus ke bawah. Keunikan inilah yang membuat harga serama ideal atau serama kontes lebih tinggi dari ayam serama jenis lain ataupun ayam kate.

Semakin bagus corak yang terdapat di tubuh ayam kate,maka semakin tinggi pula harga ayam yang ditawarkan di pasaran. Ayam kate yang berasal dari Indonesia ini memiliki berbagai jenis yang sangat banyak, dan telah melalui proses persilangan yang mampu menghasilkan jenis ayam kate yang baru dan indah dipandang. Adapun jenis – jenis ayam kate yaitu :

Jenis – jenis Ayam Kate

  1. Belgian Bearded d’Anvers
    Ayam jenis Belgian Bearded d’Anvers ini berasal dari Negara Belgian. Corak yang terdapat pada ayam jenis Belgian ini juga sangat bagus.
  2. Ayam Kate Jambul Mekar
    Jenis ayam kate ini adalah jenis ayam yang corak warnya hampir sama dengan ayam cemani.Warna tubuhnya di dominasi oleh warna hitam. Perbedaan yang terdapat pada ayam kate dengan ayam cemani terdapat pada lapisan tubuh/kulit yang tidak tertutup bulu. Untuk ayam kate ini lapisan yang tidak tertutup bulu berwarna putih kecoklatan sedangkan ayam cemani, hampir seluruh tubuh didominasi oleh warna hitam.
  3. Barbu dee Grubbe
    Barbu dee Grubbe adalah ayam kate yang tidak memiliki ekor,postur tubuhnya yang tegap membuat ayam kate ini menjadi lebih indah.
  4. Ayam Kate Burma
    Ayam Kate Burma atau bisa disebut Burmas Chicken termasuk ayam kate yang paling unik. Keunikan itu terdapat pada bulu kepala yang sangat lebat, sehingga mata ayam pun sampai tidak terlihat. Warna ayam kate ini didominasi oleh warna putih.
  5. Ayam Kate Jepang
    Ayam Kate Jepang termasuk jenis ayam kate yang berasal dari Negara Jepang.Corak warna ayam kate ini pun menyerupai ciri khas dari Negara tersebut, ada warna putih dan hitam. Dan sebagaian warna yang terdapat pada tubuh ini pun didominasi oleh warna putih.
  6. Ayam Kate Pictave
    Jenis ayam kate Pictave ini corak warnanya hampir sama dengan ayam jago di Indonesia. Warna yang terdapat pada bulu ayam didominasi oleh warna merah, hitam putih dan keoren – orenan.
  7. Ayam Kate Batik
    Jenis ayam kate batikJenis ayam kate batik
    Ayam Kate Batik ini bukan ayam yang bentuknya seperti batik ya sahabat pembaca. Ayam kate Batik ini memiliki corak warna yang hampir berbentuk dan berwarna seperti batik. Tepian bulu yang terdapat pada ayam ini layaknya seperti batik, berbetuk garis tepi warna hitam yang indah sehinggga banyak masyarakat menyebut ayam ini sebagai ayam batik.
    8.American GamBantam
    American Game Bantam ini adalah jenis ayam kate yang beraasal dari Negara Amerika. Ayam ini jarang dipelihara oleh masyarakat luas, karena ayam ini hanya dikhususkan untuk menjadi ayam petarung.
(Visited 142 times, 1 visits today)

Related Articles