fbpx
Suara Peternakan

Peternakan Terbesar di Indonesia terdapat di Blitar, Jawa Timur

SUARAPETERNAKAN.COM-Luas 172 hektar yang dikelolah oleh PT Greenfield Indonesia. Merupakan peternakan terbesar di Indonesia yang terdapat di Wlingi, Blitar, Jawa Timur.

Sebanyak 10.000 ekor sapi dapat ditampung, diharapkan dapat meningkatkan prosuksi susu segar dalam negeri.

Dikutip dari kompas.com, peternakan tersebut dibuka oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto, “Indonesia saat ini masih belum mampu mencukupi kebutuhan susu.” Ucapnya.

Kebutuhan bahan baku susu segar pada tahun 2016 untuk industri pengolahan susu adalah 3,7 juta ton. Pasokan susu segar hanya 852 ribu ton alias 23% dari kebutuhan. Namun, Indonesia harus mengimpor dalam bentuk susu Skim, butter milk powder, dan anhydroud milk fat.

Peternakan sapi perah ini merupakan yang kedua di Indonesia. Airlangga mengatakan,” Kami ingin meningkatkan pasokan susu segar dalam negeri dari 23% menjadi 41% pada tahun 2022,” harapnya.

Saat ini peningkatan permintaan susu segar sedang naik. Sehingga diharapkan penambahan sapi perah untuk peternakan baru ini akan dilakukan dalam beberapa tahap. Peternakan ini nantinya akan punya 7.266 sapi perah dengan kapasitas 2,2 juta liter susu per bulan target akhir 2018.

Target akhir 2019, peternakan telah berisi 9.264 sapi perah dengan kapasitas produksi 3,8 juta liter susu per bulan. Dan 2020 target 10.000 sapi perah dengan kapasitas produksi 4,1 juta per liter susu tercapai.

Sumber: kompas.com

(Visited 53 times, 1 visits today)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *