fbpx
Suara Peternakan

Peternakan Kuda di Ceko Tetapkan Warisan Dunia UNESCO

Suarapeternakan.com – Peternakan kuda di Republik Ceko, telah diakui sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Peternakan kuda pejantan di Kladruby ini merupkan peternakan yang tertemuka di Eropa yang eksis sejak era 1500-an. Diyakini sebagai simbul kekuasaan Habsburg oleh kuda jantan kelabu disana.

Terdapat kuda kladruber adalah salah satu ras kuda tertua di dunia yang dibiakkan untuk menarik kereta kerajaan. Pada puncak kekaisaran Habsburg, Kaisar Rudolf II menjadikan peternakan itu sebagai milik kerajaan. Kladruber kelabu disiapkan untuk keluarga kerajaan, sementara kuda hitam dari jenis itu digunakan untuk mengangkut para uskup dalam prosesi pengangkutan.

Saat ini, kuda-kuda itu masih dapat ditemukan dalam dinas kerajaan. Mereka menarik kereta ratu Denmark, sementara kelompok lain mengangkut trompet dari Royal Mounted Guard of Sweden.

Ladruber memiliki perbedaan pada kepalanya yang cembung dan hidung khas Romawi yang mancung. Salah satu ras yang hidup diciptakan khusus untuk penggunaan seremonial di pengadilan kerajaan. Memiliki sifat yang tenang dan tubuh yang kuat, kuda-kuda itu sekarang digunakan oleh polisi di Republik Ceko juga di tempat lain, dan menjadi bagian dalam pasukan anti huru-hara.

Peternakan yang terletak 80 kilometer di timur Praha ini menampung 250 kuda, baik abu-abu maupun hitam, dan menarik puluhan ribu pengunjung setiap tahun. Peternakan itu juga telah mempekerjakan banyak keluarga yang sama selama beberapa generasi.

“Saya tumbuh di sini, kakek saya adalah seorang direktur di sini pada tahun 1966-69, paman saya dulu sering menunggang kuda, dia bahkan berkompetisi di kejuaraan dunia, jadi, saya entah bagaimana mewarisi ini,” tutur Frantisek Sebek, yang bertanggung jawab karena memanfaatkan kuda-kuda di Kladruby.

Sumber: Reuters, kabar24.bisnis.com

(Visited 36 times, 1 visits today)

Related Articles