fbpx
Suara Peternakan

Peternak Inggris Buat Aplikasi Perjodohan ‘Tuder’ dengan Ternak

SUARAPETERNAKAN.COM – Peternakan di Petersfield, Inggris, para peternak dan ternak mereka dijodohkan menggunakan sebuah aplikasi. Aplikasi ini diluncurkan tepat pada perayaan hari valentine kemarin.

Setelah aplikasi Tinder untuk manusia, kini sapi juga akan memiliki aplikasi perjodohan bernama Tudder.

Pembuat aplikasi ini percaya bahwa Tudder merupakan aplikasi biro jodoh pertama antara peternak dan hewan ternak. Dengan informasi yang disajikan, aplikasi ini dipercaya dapat menjadi penentu yang akurat bagi peternak yang ingin membeli hewan ternak.

Terinspirasi dari layanan perjodohan ‘Tinder’, aplikasi ‘Tudder’ akan merekomendasikan kepada peternak, binatang ternak mana yang cocok untuk dibeli. Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi alat bantu pertimbangan bagi peternak sebelum membeli binatang ternak mereka.

Dilansir Abc15, Minggu (17/2/2019), Tudder dikembangkan perusahaan pertanian asal Inggris Hectare. Nama Tudder dibuat dengan perpaduan Tinder dan udder atau kelenjar dalam payudara hewan yang mengeluarkan air susu.

Di dalam aplikasi, peternak akan diarahkan ke laman SellMyLivestock untuk melihat lebih banyak foto dan data tentang hewan yang dimaksud sebelum memutuskan akan membelinya atau tidak.

Cara kerjanya yaitu dengan menggeser kanan jika suka, geser kiri jika tidak. Melansir Reuters, profil binatang ternak yang ada dalam Tudder, berasal dari laman jejaring SellMyLivestock (SML).

CEO Hectare Agritech yang mengelola SML dan Graindex asal Inggris, Doug Bairner, mengatakan, dalam aplikasi tersebut sudah termuat informasi mengenai binatang ternak yang akan dibeli. Informasi tersebut berupa produksi susu, kandungan protein, dan kesuburan si binatang ternak.

Terdapat binatang ternak senilai USD 64 Juta atau setara dengan Rp 900 Miliar lebih di website SML. Doug Bairner mengatakan aplikasi ini menjadi pembuktian dan penolakan stigma bahwa profesi peternak terjebak di masa lalu dan tidak mengikuti perkembangan jaman.

Salah satu pengguna Tudder, James Bridger, mengatakan aplikasi ini memberikan layanan transportasi pengantaran yang tidak membuat ternak stres. Aplikasi ini jadi saingan bagi penjual binatang ternak tradisional yang biasanya menjual dengan sistem lelang.

Aplikasi ini menampung semua data petani dari seluruh Inggris sehingga membuat perdagangan lebih mudah. Selain itu, menurut peternak sapi dan pengguna Tudder, Jamers Bridger, aplikasi ini bakal memudahkan tekanan transportasi bagi hewan dan dapat menyaingi pasar tradisional.

(Visited 40 times, 1 visits today)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *