fbpx
Suara Peternakan

Peternak di Banaran Terus Menjaga Kualitas Madu Hitam

SuaraPeternakan.com – Madu hitam khas Playen yang dibudidayakan di sekitar kawasan hutan Banaran, Playen, dirintis sejak 2017. Peternak lebah madu hitam di Desa Banaran, Kecamatan Playen, terus berupaya menjaga kualitas madu yang dihasilkan. Para peternak kewalahan dengan banyaknya permintaan.

Satu sarang madu mampu menghasilkan kurang lebih tiga sampai empat kilogram madu hitam dalam waktu satu tahun. Harga madu hitam per kilogram mencapai sekitar Rp250.000 sampai Rp300.000 tergantung kualitas.

Dilansir dari Harianjogja.com, Ketua Peternak Lebah Sumber Rejeki Madu Manunggal, Desa Banaran, Purwanto, mengaku saat ini peternak kewalahan dalam pemenuhan permintaan madu hitam. Dia menegaskan jika stok yang dimiliki habis, para peternak tidak mau mencari madu ke daerah lain karena khawatir dengan kualitasnya. “Kami tidak mencari madu dari daerah lain demi menjaga kualitas dan kepercayaan konsumen,” ucap Purwanto.

Selama ini konsumen madu hitam masih sebatas perorangan. Diakui Purwanto, dia tidak melayani penjualan madu kepada para tengkulak maupun ke perusahaan-perusahaan besar. “Alasannya karena kami belum mampu menghasilkan madu dalam jumlah besar,” katanya lagi. Menurutnya, ada bulan-bulan tertentu di mana lebah tidak menghasilkan madu, yaitu Februari, Maret, dan April. Para peternak di Banaran memanfaatkan luas hutan Banaran yang mencapai 600 hektare sebagai lahan budi daya.

Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi, mengatakan Pemkab siap membantu memasarkan madu hitam khas Kecamatan Playen. Madu yang kami produksi adalah madu hitam dengan rasa yang pahit. Madu hitam pahit ini adalah madu yang terkumpul dari madu hutan liar original hasil karya lebah hutan Apis Dorasta dan racikan herbal biji mahoni yang sudah terkenal memiliki banyak khasiat dalam kesehatan. Madu hutan asli berwana hitam karena memiliki kandungan zat kaya mineral, enzim dan berbagai kandungan yang bermanfaat lainnya.

Meskipun hitam, jika diperhatikan warna madu hutan terlihat bening, tidak keruh atau hitam pekat. Hal ini menjadi ciri madu hitam pahit asli yang bebas dari zat pewarna hitam dan bahan kimia. Warna madu hutan asli tidak sama, tergantung musim bunga dan cuaca. Saat minum madu pahit asli, awalnya yang dirasakan adalah rasa manis madu, sesaat sebelum ditelan barulah terasa pahit. Hal ini karena rasa pahit hanya dapat dirasakan oleh lidah bagian belakang. Madu hitam pahit adalah suplemen herbal murni alami, tidak terkontaminasi bahan obat kimia.

Rasa pahit disebabkan kadar Alkoloid dari herbal mahoni yang sangat tinggi. Alkoloid adalah obat anti infeksi alami yang berkhasiat membunuh kuman penyakit. Karena itu orang yang sakit disebabkan infeksi sangat baik jika mengkonsumsi madu pahit.

Khasiat utama madu hitam pahit adalah meningkatkan Stamina Vitalitas Seksual Pria. Menambah tenaga dan imunitas tubuh. Membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit berat seperti Diabetes, Stroke, Liver/Hepatitis, Tumor, Kanker, Kista, Myom, Ginjal, Impotensi, Sinusitis dsb.

Sangat direkomendasikan untuk penderita penyakit kencing manis, karena aman dalam menurunkan kadar gula darah. Meminum rutin Madu Pahit akan membuat aliran darah lancar, jantung dan ginjal menjadi sehat, paru paru bersih, tubuh lebih kuat bertenaga. Madu hitam juga mengatasi tekanan darah tinggi.

Sumber: Harianjogja.com

(Visited 79 times, 1 visits today)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *