fbpx
Suara Peternakan

Petani Desa Celep Mayoritas Beternak Bebek

SuaraPeternakan.com – Awal tahun 1990an, petani Desa Celep kebanyakan tidak lulus sekolah dasar. Salah satu warga bernama Suhardi mengajak para petani tersebut beternak bebek.

Meski awalnya usaha tersebut tidak selalu berjalan mulus dan banyak kendala. Usaha Suhardi dalam beternak bebek tidak begitu saja diterima warga setempat.

Protes dilakukan oleh warga, akibat aktivitas beternak bebek yang menimbulkan bau. Al hasil masalah tersebut bisa diselesaikan dengan musyawarah.

Sedikit demi sedikit jumlah bebek Suhardi yang terus bertambah, dan menhasilkan telur yang laris dijual. Perlahan tetangganya langsung banting stir berfokus pada usaha beternak bebek ini.

Dikutip dari mediadesa.id, Akhirnya, Mayoritas warga Desa Celep, Kecamatan Kewadung, Sragen, Jawa Tengan beternak bebek.

Dari 500 Kepala Keluarga dan sebanyak 280 KK memelihara ratusan hingga ribuan bebek. Penghasilannya mencapai 320 juta rupiah.

Selaku kelompok tani, Suhardi mengatakan, Alhamdulillah dengan beternak bebek, penghasilan warga kami meningkat tajam. “Peliharaan bebek dari 200 bebek sebulan bisa sampai 9 juta rupiah yang dipelihara sekitar 2.000, sebulan mencapai sekitar 60 juta rupiah,” Ujarnya.

Desa Celep sudah ada sekitar 40 kelompok peterak bebek. Selain kelompok ada juga yang memelihara secara mandiri. Penghasilan dari beternak bebek bisa membeli mobil dan rumah permanen.

Sekarang kondisi desa tersebut tidaklah jauh lebih memprihatinkan pada 2o tahun yang lalu. Dulunya penghasilan hanya bergantung pada hasil sawah dan kebun dengan penghasilan seadanya.

Dinas Peternakan setempat pun turun tangan memberikan bantuan. Bantuan berupa pelatihan maupun modal awal dalam memperbaiki sejumlah sarana. Sehingga usaha ternak bebek tersebut berkembang pesat.

Tahun 2006, Suhardi mendirikan kelompok tani itik Rejeki Agung, yang beranggotakan 30 KK hingga saat ini. Kini Dusun Nusupan menjelma menjadi desa makmur. Pernah menjadi juara 2 tingkat nasional dalam budidaya bebek.

Sekarang Dusun Nusupan banyak dikunjungi bagi yang ingin beternak bebek dan mendapat julukan ‘kampung bebek’.

Sumber: mediadesa.id

(Visited 85 times, 1 visits today)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *