fbpx
Suara Peternakan

Perempuan Tani HKTI Kebangkan Ayam Biosolution Enzact

SUARAPETERNAKAN.COM-Inovasi peternakan ayam Biosolution Enzact merupakan salah satu realisasi dari program kerja perempuan tani HKTI yang akan dikembangkan secara nasional.

Perempuan Tani merupakan sayap organisasi otonom HKTI dan kepengurusannya dilantik oleh Ketua Umum Jenderal TNI (Purn) Moeldoko di kantor DPN HKTI Jakarta Pusat, pada 10 Januari 2018. Sayap Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) menjadi bagian dari upaya pemberdayaan wanita dan kaum muda di bidang pertanian.

Sebagai program andalan Perempuan Tani, Program Biosolution ini kedepannya akan terus dijalankan sebagai pengembangan kualitas sekaligus perekonomian masyarakat.

Perempuan Tani selalu berupaya berinovasi, turun ke pedesaan untuk pertanian dan peternakan. Dengan adanya Program Biosolution ini kami berharap perempuan-perempuan Indonesia mampu mandiri dengan beternak ayam sehat dan untuk menopang perekonomian keluarga.

Untuk jenis ayam petelur, kelebihan dari program ini adalah ayam mampu menghasilkan telur istimewa yaitu bisa langsung dikonsumsi tanpa perlu dimasak terlebih dahulu. Dengan program biosolution ini, dari 20 ayam petelur mampu menghasilkan sekitar 14 butir per hari.

Dikutip dari republika.co.id Dian Novita Susanto mengatakan,“Selain mengurus rumah tangga, perempuan dapat membantu suami dalam mencari nafkah dan mengurus lahan pertanian atau pekarangan untuk menghidupi keluarganya,” kata Dian seusai dilantik menjadi ketua Perempuan Tani 2017-2022.

Nantinya Perempuan Tani akan mengembangkan program ini bersama masyarakat dengan memberikan 100 ekor per kepala keluarga (KK), di tahap awal dicoba bersama 5 KK dengan jumlah 500 ekor ayam.

Nantinya sistem pemberdayaan ini akan menciptakan iklim usaha yg sehat di lingkungan dan finansial keluarga demi terciptanya kesejahteraan keluarga.

Menurut Dian, keunggulan dari program ini adalah; Kandang ayam bersih/tidak kotor, tidak bau, ayam sehat, dan daging berkualitas. Bahkan kata dia, ayam tersebut nantinya akan mampu menghasilkan telur yang bisa langsung dikonsumsi tanpa dimasak terlebih dahulu.

Uji coba program yang dilakukan di wilayah Cianjur tersebut ternyata memperlihatkan hasil positif.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Perempuan Tani HKTI Dian Novita Susanto saat bersama sejumlah pengurus organisasi melakukan kunjungan observasi uji coba program ayam unggulan ini di Kampung Bunipasir, Maleber, Cianjur, Jawa Barat.

Kandang yang menjadi obyek observasi adalah milik Zaenal dengan luas berukuran 20 meter persegi dan terisi 50 ekor ayam dengan kondisi kebersihan yang terjaga baik. Zaenal menjalankan program biosolution enzact untuk peternakan ayam sehat.

Diolah dari berbagai sumber

(Visited 71 times, 1 visits today)

Related Articles