fbpx
Suara Peternakan

Peran Penting Mesin Tetas dalam Budidaya Ayam

SUARAPETERNAKAN.COM – BOGOR-Penetasan menjadi kunci utama dalam keberhasilan pengembangan berbagai jenis ayam. Empat hal yang menjadi faktor pendukung dalam proses penetasan yaitu faktor induk,  faktor telur tetas,  faktor mesin tetas,  dan faktor pengelolaan penetasan.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) sangat memahami hal ini sebagai hal-hal yang sangat penting dalam keberhasilan pengembangan ayam,  terutama ayam KUB, yaitu dengan mendesain alat mesin tetas otomotis maupun manual. Guna mensosialisasikan mesin tetas yang telah dihasilkan Balitbangtan tersebut,  dilaksanakan Bimtek  mesin tetas untuk ayam Gedung Agrosinema BASTP Komplek Pertanian Cimanggu Bogor pada hari Kamis, (8/11/2018).

Bimtek ini merupakan rangkaian acara Agro Inovasi Fair on the spot feat Pangan Lokal Fiesta yang berlangsung 7 – 9 November 2018. Bimtek dipandu langsung oleh narasumber Abdullah Udjianto Peneliti di Balai Penelitian Ternak (Balitnak). “Dalam penetasan telur yang sangat penting diperhatikan adalah penghangatan telur,  memutar telur,  menjaga kelembaban,  proses piping (pemecahan cangkang), dan penanganan pasca menetas”, Ujar Abdullah

Bimtek diikuti sangat antusias oleh seluruh peserta yang hadir dari berbagai wilayah seperti Bogor, Kalimantan dan Sumatera, dengan latar belakang dari berbagai profesi seperti peternak dan pelaku usaha. Sebagian besar peserta mengatakan bahwa alat ini memiliki prospek usaha yang sangat bagus dan sangat diperlukan bagi peternak ayam skala kecil.  Harapannya alat ini dapat membantu para peternak kecil dalam menjawab keterbatasan penetasan telur, sehingga dapat menghasilkan kualitas hasil tetas yang baik.(Mmh)

Sumber : http://www.litbang.pertanian.go.id/berita/one/3411/

(Visited 70 times, 1 visits today)

Related Articles