fbpx
Suara Peternakan

Penyebaran Ternak di Indonesia

SUARAPETERNAKAN.COM- Indonesia memiliki kekayaan alam yang memadai, negara kita semestinya mampu secara mandiri guna mengkover konsumsi daging dalam negeri. Sistem pengelolaan serta harga, adalah dua aspek penting.

Dari data statistik peternakan, semua jenis ternak baik itu kambing, sapi, ayam, domba dan sebagainya hampir tersebar diseluruh penjuru Indonesia. Kecuali sapi perah dan kambing perah hanya ada di provinsi tertentu. Sapi perah dan kambing perah membutuhkan lingkungan dan suhu tertentu untuk produktivitas susunya.

Kambing kacang adalah tipe kambing asli dari Indonesia. Ciri-ciri kambing kacang yaitu memiliki badang yang mungil dan proses pembiasaan yang mudah menyesuaikan dilingkungannya. Selain itu di Indonesia juag terdapat kambing etawa yang diimpor langsung dari india sebagai penghasil daging dan susu.

Sapi di Indonesia asal muasalnya dari Banteng atau Bos Sundaicus, sekarang menjadi hewan langka dan hanya di jumpai di Ujung Kulom dan Pangandaran.Spesies sapi yang sering kita jumpai ialah Sapi Peranakan Ongole, Sapi Bali, Sapi Zebu atau Sapi Madura.

Penyebaran sentra khususnya sapi potong terdapat pada semua provinsi yang ada di Indonesia. Populasi sapi potong dan sapi perah terbesar berada di Pulau Jawa. Kerbau banyak terdapat di Nangro Aceh Darussalam (NAD) dan di sumatera.

Kambing dan Domba banyak tersebar di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera, hanya sebagian besar di pulau Kalimantan dan Sulawesi. Populasi terbesar babi di Nusa Tenggara Barat. Kuda tersebar di Pulau Nusa Tenggara Timur. Sementara ayam tipe pedaging dan petelur banyak tersebar di Pulau Jawa dan kalimantan.

Kenapa sampai detik ini, kita masih membeli daging dari negeri tetangga, sedangkan denah persebaran peternakan di Indonesia sudah sangat banyak.

Diolah dari berbagai sumber

(Visited 14 times, 1 visits today)

Related Articles