fbpx
Suara Peternakan

Penjelasan Singkat Stuktur Anatomi dan Reproduksi Unggas

SUARAPETERNAKAN.COM – Kelainan-kelainan struktur yang penting dilihat dari segi ekonomis dijumpai dalam hubungannya dengan alat kelamin betina. Selama hidup yang normal dari seekor ayam, maka ayam betina menghasilkan sejumlah telur yang jumlahnya relatif besar, semuanya dihasilkan oleh sebuah ovarium dan oviduct yaitu hanya disebelah kiri.

Pada stadium embryonal alat reproduksi terdapat ganda, kanan dan kiri, dimana setelah telur menetas avarium dan oviduct yang sebelah kanan akan direduksi dan hilang sama sekali.

Telur ayam berukuran besar, karena di dalamnya terdapat makanan untuk amryo sampai telur itu menetas. Sel telur sewaktu meninggalkan ovarium cukup besar ukurannya dan berisi sejumlah kuning telur yang cukup.

Lebih dari 50% dari berat telur yang dihasilkan seekor ayam, disebabkan karena aktivitas fisiologis oviduct sewaktu telur itu ada dalam perjalanannya kedunia luar. Tidak terdapatnya persatuan panggul disebelah ventral, memungkinkan ayam tadi untuk mengeluarkan telur yang begitu besar.

Melihat struktur anatomisnya, maka hal-hal ini menunjukkan bahwa, nenek moyang burung seperti juga nenek moyang mammalia adalah reptilia. Di dalam evolusinya burung dan mammalia ini mengikuti garis-garis yang berlainan, sesuai dengan lingkungan dan keadaan fisiologis dari hewan itu.

Bangsa burung termasuk dalam kelompok homeothermis, berdarah panas, dan tubuhnya ditutupi oleh bulu-bulu. Sementara itu, reptilia masih merupakan hewan poikilothermis, hewan berdarah dingin, dan penutup tubuh umumnya adalah sisik (scales) seperti pada ular, atau kerapas (horny plate) seperti pada kura-kura. Sisik kaki dan jari-jari unggas adalah bukti bahwa mereka keturunan bangsa hewan melata.

(Berbagai Sumber)

(Visited 56 times, 1 visits today)

Related Articles