fbpx
Suara Peternakan

Pemkab Bone Gelar Kontes Ternak Sapi 2019 di HJB ke-689

SuaraPeternakan.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone menggelar kontes ternak sapi 2019 di Hari Jdi Bone (HJB) ke-689. Kontes ini rutin digelar setiap tahunnya. Dengan tema “Mewujudkan Masyarakat Bone yang Mandiri, Berdaya Saing dan Sejahtera”.

Kontes ini berlangsung 25 sampai 27 Maret 2019 yang bertempat di Area Terminal Petta Ponggawae, Jalan MT Haryono, Kota Watampone. Adapun pesertanya berasal dari 27 kecamatan se­Kabupaten Bone yang diikuti oleh 318 ekor sapi.

Para peternak akan menampilkan sapi andalan mereka. Kontes Ternak Sapi 2019 ini menjadi ajang bergensi peternak di Bone.

Selain kontes sapi, HJB juga dirangkaikan dengan acara bakti sosial, leleang ternak, seminar peternakan dan lomba foto kesayangan.

Selaku ketua Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia (ISPI) Sulsel, DR Syahrir Akil pun menghadiri kontes sapi tersebut. Sangat mengapresiasi kegiatan ini. Berharap diadakan pasar ternak di kabupaten Bone.

Dilansir dari bonepos.com, Kontes sapi ternak 2019 yang di buka secara resmi oleh Bupati Bone, Dr.H.A.Fahsar M.Padjalangi, M.Si.

Ketua ISPI sulsel DR Syahrir Akil mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk perhatian yang dilakukan oleh pemerintah kabupaten dengan mengadakan kontes ternak yang akan memacu perkembangan industri peternakan di kabupaten Bone.

Kegiatan ini juga telah memberi motivasi kepada para peternak agar terus berupaya dalam memajukan roda perekonomian masyarakat.

“sebagai daerah yang ke empat pensuplai sapi terbanyak di indonesia berharap kegiatan kontes ini dilakukan setiap tahun. Jika perlu diadakan pasar ternak yang kiranya ke depan mendukung lajunya perkembangan ekonomi serta mensejahterakan peternak di kabupaten Bone,”ata DR Syahrir dikutip dari bonepos.com.

Kontes ternak sapi ini dihadiri oleh Dirjen Perbibitan dan Produksi Tenak RI, Ir.Sugiono, M.P., Kepala Dinas Peternakan Sulawesi Selatan, Ir.H.Abd.Azis, M.M., Forkopimda Bone, Kepala OPD Kabupaten Bone.

Dilansir dari laman bone.go.id, Expo dan Kontes Ternak Terbesar di Sulawesi Selatan ini menampilkan sebanyak 318 ekor sapi yang berasal dari 27 kecamatan di Kabupaten Bone, serta 9 ekor sapi dari Kabupaten Bulukumba dan 5 Ternak dari Kabupaten Jeneponto yang turut serta dalam acara tersebut.

Kadis Peternakan Kabupaten Bone, drh. Aris Handono mengatakan, kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk membangun kemandirian pembangunan sub sektor peternakan dan menjadikan Bone sebagai daerah percontohan dari daerah lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Bone mengapresiasi penuh kegiatan tahunan Disnak ini, di mana Bone adalah salah satu kabupaten yang populasi ternaknya peringkat keempat skala Nasional dan menjadi penyokong pertumbuhan ekonomi di daerah ini selalu stabil 8,6 persen.

Kepala Dinas Peternakan Sulawesi Selatan, Ir.H.Abd.Azis, M.M. menatakan, “Ini ajang untuk membuktikan kemandirian memproduksi ternak unggul, dan pemkab Bone selaku inisiator sangat kami apresiasi” tuturnya.


(Visited 52 times, 1 visits today)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *