fbpx
Suara Peternakan

Peluang Usaha Menjanjikan di Desa dengan Modal Kecil Untung Besar

SUARAPETERNAKAN.COM – Sekarang ini pemerintah sedang mendorong dan terus menggalakkan tentang peluang usaha  dengan modal kecil namun untungnya besar. Melihat peluang usaha ternak di desa selalu terbuka lebar. Desa bisa menjawab berbagai kebutuhan untuk usaha peternakan. Banyak pilihan dalam usaha ternak dan hampir semua menguntungkan.

Ada beberapa peluang usaha dalam ternak yaitu:

Ternak Penghasil Telur

Peluang usaha jenis ternak yang secara khusus diambil telurnya. Jenis yang bisa diternakkan yaitu ayam petelur, bebek petelur, dan puyuh.

Peran ayam petelur, bebek petelur, dan puyuh sebagai komodoti ternak penghasil telur sudah tidak disangsikan lagi kehadirannya, karena telur merupakan salah satu sumber protein hewani yang sangat terkenal yang dapat mengganti peran daging.

Kebutuhan komsumsi telur nasional menurut data statistik pada tahun 2011 yakni sebesar 7,20 kg/kapital dalam rentang waktu satu tahun. kebutuhan komsumsi telur ayam ras akan terus meningkat signifikan sebesar 0,88 kg (15,09%) dari tahun 2009 sebesar 5,83 kg.

Upaya dalam memperoleh keuntungan yang besar dan berkelanjutan adalah sasaran utama dari segala jenis kegiatan usaha, dimana yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha tersebut, termasuk usaha peternakan ayam ras petelur, yang tujuan utama nya adalah mengetahui kelayakan usaha tersebut.

Ternak Pembesaran

Bidang pembesaran adalah peluang usaha yang paling banyak dilakukan. Ketersediaan pakan di desa sangat banyak dan sehat dengan lahan yang luas dimilikinya. Beberapa pilihan menarik pada bidang ini adalah pembesaran lele, ayam kampung, ternak kambing dan ternak sapi.

Pembibitan atau Benih

Peluang usaha ternak di desa bidang ini seperti penyediaan benih lele dan bibit ayam kampung.

(Visited 9 times, 1 visits today)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *