fbpx
Suara Peternakan

Pasar Bolu adalah Pasar Kerbau Terbesar di Dunia

SUARAPETERNAKAN.COM – Pasar Bolu terletak di Rantepao, pusat wisata Toraja, dan merupakan objek wisata yang populer, dan tempat yang menarik untuk dikunjungi. Sesuai jadwal, pasar hanya dibuka sekali dalam 6 hari, dan merupakan pusat penjualan utama kerbau maupun babi. Sayuran, buah, kopi dan produk makanan lainnya juga bisa ditemukan di pasar ini.

Tedong begitulah masyarakat Toraja menyebut hewan kerbau. Pasar Bolu khusus jual kerbau di Toraja. Terletak 2 kilometer di timur laut rantepao. Banyak dijual kerbau untuk memenuhi kebutuhan upacara pemakaman secara adat. Pasar Bolu terkenal sebagai tujuan wisata yang menarik dan unik untuk dikunjungi.

Kerbau adalah ternak yang sangat berharga bagi orang Toraja, dan harga kerbau yang dijual di sini pun mencapai ratusan juta rupiah.

Pasar Bolu juga dikenal dengan pasar ternak. Saat hari pasar, jumlah kerbau diperjualbelikan mencapai 500 ekor. Pengunjung lokal dan wisatawan lokal hingga mancanegara menyaksikan secara dekat pasar ternak besar yang hanya ada di Toraja.

Faktor-faktor penentu harga kerbau di Toraja di antaranya corak warna belang pada kulit kerbau, bentuk dan ukuran tanduk, hingga warna bola mata. Kerbau paling mahal adalah kerbau belang yang dalam bahasa Toraja disebut Tedong Bonga.

Tedong menjadi hewan yang di wajibkan untuk mengadakan upacara kematian atau biasa disebut Rambu Solo’. Kebangsawan dan kekayaan seseorang dapat di ukur dari kerbau yang ia miliki.

Tak jauh dari lokasi parkir anda sudah melihat jejeran kerbau yang sangat banyak dan juga ada beberapa babi yang ikut serta di perjual belikan.

Harga 30 juta hingga 180jt. Konon kata penjual di pasar tersebut, pernah ada yang menjual kerbau hingga harga 800 juta hingga 2 M. 

Menjadi penentu harga Kerbau adalah ukuran badan, ukuran dan jenis tanduk, corak dan warna kulit. Tedong Saleko yang menjadi tedong termahal.  

Pasar Bolu mungkin menjadi pasar terbesar di Indonesia, karena hanya disinilah Anda bisa temui pasar khusus menjual kerbau. Seluas tanah lapang yang hanya dipenuhi dengan kerbau.

Berbagai jenis kerbau yang bisa kita temui di pasar ini yaitu :

1. Kerbau Saleko atau dikenal sebagai kerbau bule yang harganya paling mahal bisa mencapai ratusan juta rupiah

2.Kerbau Bongaya yaitu jenis kerbau yang bagian kepalanya saja seperti kerbau Saleko,sedangkan bagian badannya berwarna kelabu atau hitam.

3.Kerbau Teken Langit yaitu jenis kerbau yang memiliki tanduk silang (satu menghadap ke atas, satu menghadap ke bawah)

4. Kerbau Balian yaitu jenis kerbau yang dikebiri

5. Kerbau Kudu yaitu kerbau hitam biasa yang harganya paling murah

Selain kerbau, ratusan babi juga dijual di pasar ini. Harga babi yang ditawarkan pun bervariasi, tergantung dengan ukuran dan jenis babi yang hendak dibeli. Untuk harga seekor anak babi sekitar Rp. 400.000 hingga Rp.800.000, dan jika hendak membeli babi ukuran dewasa sekitar Rp.3.000.000 hingga Rp.8.000.000.

Hal ini pun didasarkan lagi pada  babi yang hitam pekat atau yang memiliki warna belang belang pada kulitnya. Babi yang bewarna belang harganya agak murah dibandingkan dengan kerbau yang bewarna hitam pekat. (Berbagai Sumber)

(Visited 116 times, 1 visits today)

Related Articles