fbpx
Suara Peternakan

Pakan untuk Ternak Ayam Kalkun

Suarapeternakan.com – Ayam kalkun merupakan jenis ayam yang memiliki nafsu makan besar. Dengan perawatan yang bagus maka berat ayam kalkun akan bertambah dengan baik dan cepat. Beriku ini kami akan bahas mengenai tata cara persiapan untuk memberi makan ayam kalkun.

Dilansir dari jualayamhias.com, Cara mempersiapkan pakan ayam kalkun dewasa: Bahan: Bekatul (60%), Voer/BR (15%), Potongan kecil – kecil Sayuran (Kangkung/Sawi/Enceng Gondog/Kenci/Bayam) (25%), Nasi atau makan sisa yang tidak mengandung minyak – tidak boleh basi (secukupnya) dan Air Panas

Cara membuat: Masukan semua bahan dalam satu wadah. Tuangkan air panas untuk membasahi pakan jangan terlalu banyak, Aduk rata dan Siap di berikan ke ayam kalkun

Ternak kalkun merupakan hobi yang sekaligus bisa menjadi tamabahan penghasilan tersendiri. Ayam kalkun merupakan salah satu jenis unggas yang berasal dari Eropa yang mempunyai postur tubuh yang cukup besar. Ayam kalkun adalah salah satu ayam yang banyak dipelihara di Indonesia.

Di Indonesia sendiri terdapat 7 jenis ayam kalkun yang banyak dikembangbiakkan yaitu kalkun bronze, kalkun royal palm, kalkun bourbon red, kalkun self buff, kalkun putih, kalkun golden palm dan kalkun black spanish. Dari 7 jenis ayam kalkun tersebut memang setiap jenisnya berbeda-beda, perbedaan yang mencolok terdapat pada warnanya.

Semakin meningkatnya orang yang ternak kalkun tentu biaya pakan yang dikeluarkan juga tidak sedikit. Salah satu yang harus diperhatikan dan sangat penting dalam beternak yaitu membuat kandang. Cara membuat kandang kalkun cukup mudah. Anda tidak harus menggunakan bahan yang mahal, yang penting memenuhi syarat kandnag ideal dan nyaman. Desain kandang kalkun diatur sedemikian rupa agar sirkulasi udara teratur dan sinar matahari yang masuk cukup.

Selain itu yang perlu Anda ketahui, dalam ternak kalkun bukan termasuk unggas yang pemilih. Yang artinya mereka mau makan makanan seperti bekatul, sisa nasi, sisa sayur dan sejenisnya. Tetapi yang perlu Anda ingat, Anda harus berhati-hati jika memberikan sisa nasi atau sayuran pada ayam kalkun, pastikan jangan sampai basi. Untuk mengejar target produksi misalnya untuk mencapai bobot tertentu, Anda juga harus memperhatikan kadar protein yang ada pada makanan tersebut agar berat badan ternak kalkun bisa maksimal.

Dilansir dari hobiternak.com, Apa saja pakan tambahan untuk ternak kalkun?

Voer atau BR

Voer atau BR ini biasa diberikan ke ayam kalkun atau jenis ayam yang lain oleh para peternak karena kandungan protein dan karbohidrat tinggi. Voer atau BR cocok untuk menambah bobot kalkun Anda. Memang voer atau BR harganya masih tinggi dipasaran. Sehingga banyak para peternak yang berfikir ulang untuk memberikan pakan jenis ini. Biasanya peternak mencampur antara voer dengan bekatul yang dapat mengurangi biaya pakan.

Bekatul

Bekatul adalah jenis makanan yang dipakai sebagai campuran untuk pakan unggas. Bekatul biasa disebut dengan dedak. Bekatul memang mudah diperoleh dipasaran dan harganya pun terjangkau. Untuk pemilihan bekatul, disarankan untuk menggunakan yang jenis halus karena lebih disukai oleh ayam kalkun sehingga nafsu makan akan bertambah. Untuk bekatul kasar biasanya banyak mengandung banyak kulit padi sehingga dapat menurunkan nafsu makan ayam kalkun.

Nasi Aking

Pakan yang bisa diberikan adalah sisa nasi atau biasa disebut dengan nasi aking. Nasi aking adalah sisa nasi yang dijemur di bawah terik matahari sampai kering. Kemudian untuk cara pemberiannya menggunakan air panas agar mengembang dan lunak. Selain untuk pakan ternak kalkun, nasi aking juga bisa diberikan untuk unggas lain seperti bebek. Nasi aking mengandung karbohidrat sehingga sangat baik untuk stamina ayam kalkun. Anda juga harus memperhatikan dalam pemilihan nasi aking yang tidak berbai dan tidak bercampur dengan zat yang berbahaya agar ayam kalkun tidak terserang penyakit.

Sayuran dan Dedaunan

Daun memang mengandung banyak vitamin dan yang paling banyak digunakan oleh para peternak adalah daun pisang. Daun pisang bisa Anda berikan langsung tanpa dicampurkan dengan jenis pakan yang lain. Namun jika Anda ingin mencampurkan dengan jenis makanan kalkun lain seperti voer, BR atau bekatul juga bisa. Selain daun pisang terdapat beberapa sayur dan daun yang bisa dicampurkan seperti kangkung, enceng gondok, sawi dan daun pepaya. Pemberian daun pepaya sebaiknya tidak terlalu banyak karena dapat menyebabkan ayam kalkun mengalami kelumpuhan.

Sumber: jualayamhias.com/hobiternak.com

(Visited 306 times, 1 visits today)

Related Articles