fbpx
Suara Peternakan

Olahan Telur Menjadi Orak Arik dan Telur Ceplok

SUARAPETERNAKAN.COM – Telur merupakan salah satu bahan makanan yang dikonsumsi. Telur berasal dari jenis-jenis burung seperti ayam, bebek, dan angsa. Ada juga telur yang berukuran besar seperti burung unta (kasuari),  dan ukuran sedang misalnya telur penyu.

Telur unggas yang banyak di konsumsi oleh masyarakat pada umumnya. Telur dapat diolah menjadi berbagai olahan enak untuk sarapan. Mulai dari telur rebus hingga telur panggang yang lembut dan gurih.

Bahan makanan dari telur mengandung nutrisi yang tinggi, murah dan mudah dibuat. Agar tidak bosan dengan cara pengolahan yang itu saja. Telur bisa diolah menjadi ragam santapan enak tinggi nutrisi.

Berikut olahan telur orak arik dan telur ceplok

  1. Telur orak arik (scrambled eggs)
Telur orak-arik dengan bacon dan pancake. DOK: wikipedia

Biasanya telur yang digunakan adalah telur ayam. Dikocok atau diaduk bersama dalam wajan atau penggorengan saat dipanaskan dengan lembut. Kemudian ditambahkan garam, mentega dan bahan lainnya.

Untuk membuatnya lembut, bisa menambahkan susu atau krim. Pengadukan dilakukan secara terus menerus agar tidak menempel ke wajan sampai mengental. Setelah mengental, bahan seperti ham, daun herbal, keju atau krim bisa ditambahkan. Api dikecilkan sampai tercampur.

Apabila cairan apapun merembes dari telur, berarti tanda belum matang, terlalu matang atau menambahkan sayuran dengan kadar rendah.

Memasak bisa menggunakan oven microwave, jangan lupa menyiapkan sous-vide cooking agar tekstur lembut dan halus. Ini hanya membutuhkan satu kali pencampuran saat memasak. Teknik lain cara memasaknya dengan menyemprotkan uap kedalam telur dengan mentega melalui tongkat uap.

  1. Telur Mata Sapi (Telur Ceplok)
Telur mata sapi sunny side up, DOK: Wikipedia

Telur ceplok paling mudah dimasak dan disukai banyak orang. Te;ur ceplok atau telur mata sapi bisa disajikan bersama nasi goreng dan makanan lainnya. Cara memasak dengan menggoreng tanpa diaduk. Telru ceplok berbentu bulat dan pada bagian tengahnya berwarna kuning.

Di Amerika Utara, memiliki cara menggoreng berdasarkan tingkat kematangan kuning telur saat dihidangkan.

Cara memasak telur mata sapi sesuai keinginan:

  • Telur digoreng bolak-balik sampai kuning telur menjadi matang,
  • Telur digoreng bolak-balik sampai kuning telur tidak bergoyang-goyang lagi tetapi masih setengah matang
  • Telur dipecahkan di atas penggorengan dan dibalik sekali, tetapi kuning telur masih setengah matang,
  • Telur digoreng tanpa dibalik, kuning telur masih encer di dalam. Seringkali minyak disiram-siramkan ke bagian kuning telur agar tidak terlalu mentah, dikenal juga sebagai eggs up,  
  • Telur digoreng bolak-balik sampai kedua sisi, kuning telur dipecahkan dan digoreng sampai kuning telur matang.

Telur ceplok setengah matang paling enak dinikmati hangat. Tapi bisa juga membuat telur ceplok bertekstur renyah dengan memasaknya hingga agak garing.

Sumber: Wikipedia

(Visited 76 times, 1 visits today)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *