fbpx
Suara Peternakan

Musim Hujan, Ayam Mudah Terserang Penyakit

SUARAPETERNAKAN.COM-Musim hujan telah tiba. Membuat para peternak cemas. Peralihan cuaca dari musim panas ke musim hujan kadang membawa dampak buruk pada kondisi fisik ayam. Biasanya ayam akan mudah sakit ketika peternak tidak mengetahui cara memelihara ternak utamanya jenis unggas ketika musim hujan.

Penyakit yang terjadi  pada unggas ketika musim hujan yakni tetelo, new castle diseases (NVD), pileren dan penyakit mematikan flu burung. Untuk pencegahan awalnya yaitu dengan memberikan vitamin C pada unggas.

Penyebaran penyakit ini bisa melalui litter, feses dan air minum yang terkontaminasi pada bibit penyakit. Gangguan pencernaan terdapat tiga jenis penyakit yang menyerang saluran dan organ pencernaan yaitu koksidiosis, necrotis enteritis (NE) serta kolera.

Saat kondisi ayam menurun akibat stres atau sakit, mikroorganisme akan berkembang menjadi patogen (mengganas). Mikroorganisme dalam jumlah banyak menyerang didalam usus yang tidak terkendali.

 Dilansir dari berbagai sumber, berbagai masalah ketika musim hujan, angin kencang, curah hujan tinggi yang menyebabkan kelembaban udara menjadi tinggi, sumber air tercemar, ketersediaan sekam kering terbatas, suplai bahan baku pakan terganggu, terjadi bencana alam, pakan tidak tahan lama disimpan dalam gudang, suhu rendah, butuh penambahan pencahayaan, penyebaran penyakit.

Untuk itu, peternak harus siap menghadapi musim hujan dengan modifikasi manajemen kandang. Perlakuan terhadap air minum dengan filtrasi, penambahan bahan kimia dan sanitasi kandang. Kualitas pakan harus terjaga dan perlu meningkatkan daya tahan tubuh ayam.

(Visited 26 times, 1 visits today)

Related Articles