fbpx
Suara Peternakan

Menteri Pertanian Buka Peluang Impor Daging Sapi dari Argentina

SuaraPeternakan.com – Pemerintah Argentina ingin memasok daging sapi dengan harga kompetitif. Hal tersebut dipertimbangkan oleh Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman.

Harga daging beku yang ditawarkan Argentina sebesar USD3 per kg untuk kualitas medium. Harga ini masih bersaing dengan harga daging impor dari Australia di kisaran yang sama.

Dikutip dari Antara pada Rabu, 8 Mei 2019, Wakil Presiden Argentina Gabriela Michetti mengatakan, daging harganya lebih murah menurut hitung-hitungan mereka. Kami tidak masalah, terbuka, karena kami ingin negara-negara yang mengekspor ke Indonesia, khususnya daging bisa berkompetisi.

Argentina sudah mengajukan kelengkapan dokumen untuk akses pasar daging sapi ke Indonesia. Namun Amran menyatakan saat ini masih terdapat perbedaan status jangkitan penyakit hewan.

Sesuai publikasi Badan Kesehatan Hewan Dunia (OIE), Indonesia sudah dinyatakan bebas penyakit kuku dan mulut (FMD), sementara Argentina masih berstatus bebas dengan vaksinasi berdasarkan zona.

“Kami melihat dulu karena pertama poin pentingnya adalah halal, bebas penyakit mulut dan kuku dan harga. Mereka katakan harganya USD3 per kilogram paling tinggi,” kata Amran.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementan I Ketut Diarmita menjelaskan bahwa pemerintah akan terlebih dahulu melakukan peninjauan lapangan dan surat keterangan yang menjamin kehalalan daging sapi tersebut.

“Sebelum impor, kami harus mendapatkan gambaran mereka. Kami cek langsung ke masing-masing peternakan, apakah cukup memenuhi persyaratan halal, pengendalian penyakit,” kata Ketut.

Adapun langkah Indonesia untuk membuka pasar baru daging impor dari Argentina adalah untuk menekan harga dan tidak terjadi monopoli karena dipenuhi hanya dari satu pasar, yakni Australia. Indonesia saat ini baru bisa memenuhi 67 persen kebutuhan daging dari sapi lokal, sedangkan sisanya masih impor.

Sumber:Antara

(Visited 48 times, 1 visits today)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *