fbpx
Suara Peternakan

Mengubah Kotoran Sapi Menjadi Biogas, Ini yang Dilakukan Peternakan Sapi di Oman

Suarapeternakan.com – Tidak mau bergantung pada energi listrik dan gas elpigi. Pemanfaatan kotoran sapi jadi biogas menjadi solusinya. Kotoran sapi dimanfaatkan menjadi biogas sebagai pengganti energi listrik dengan proses sederhana.

Biogas belakangan mulai jadi tren. Itu merupakan hasil proses mikrobiologi pada bahan organik, seperti kotoran limbah ternak menjadi metana (CH4) melalui proses pencernaan anaerob. Biogas merupkan bahan bakar gas yang sangat menarik untuk dikembangkan karena dapat diperbarui dan dapat dibuat dengan teknologi yang tidak terlalu rumit.

Hal yang dilakukan oleh sebuah peternakan sapi perah di Oman. Menambah pabrik biogas dan mengubahnya menjadi limbah yang dihasilkan oleh 12.000 sapi.

Mazoon Dairy adalah  sebuah peternakan di Al Sunayna di Al Buraimi akan menggunakan limbah yang diolah dari sapi untuk menghasilkan gas sebagai sumber energi alternatif.

Melansir dari The National pada Rabu, 16 Oktober 2019, Mazoon Dairy akan berkomitmen untuk mengadopsi solusi ramah lingkungan melalui pengelolaan limbah, dan kami sangat bangga untuk meresmikan pabrik biogas yang pertama diwilayahnya dengan menggunakan limbah sapi.

Pabrik biogas ini akan digunakan untuk menghasilkan gas metana yang akan digunakan untuk mengoperasikan peralatan di pabrik,” kata Manajer Urusan Perusahaan Dairy, Yousuf bin Khamis Al –Fazari.

2015 Mazoon Dairy Company didirikan. Ini merupakan usaha antara Oman Foods Investment Company dan serangkaian investasi pemerintah lainnya dan dana pensiun dengan maksud untuk mendorong swasembada dalam produksi makanan di Kesultanan. 

Memulai produksi pada akhir bulan, dan pada 2026 bertujuan untuk menghasilkan lebih dari 200 juta liter produk susu, termasuk susu segar, krim, laban, yogurt, keju, dan makanan penutup.

Dengan menggunakan kolam khusus untuk mengumpulkan kotoran sapi, yang kemudian diangkut dalam wadah ke pabrik Biogas setiap hari. Pada tahap pertama sebanyak 12.000 sapi yang digunakan. “Diharapkan menghasilkan sekitar 225 ton pupuk setiap hari,” kata Al Fazari.

Pabrik akan mengurangi ketergantungannya pada bahan bakar fosil ketika jumlah sapi di peternakan meningkat. Ini sangat berkontribusi dalam meningkatkan efesiensi operasional.

Oman adalah sebuah negara yang terletak di Benua Asia, tepatnya di pesisir tenggara Jazirah Arab Asia Barat Daya atau lebih terkenal disebut dengan kawasan Timur Tengah. Negara yang secara astronomisnya berada diantara  16°-28°LU dan 52°-60°BT ini berbatasan dengan Arab Saudi di sebelah Barat, Yaman disebelah barat daya dan Uni Emirat Arab di sebelah barat lautnya. Sedangkan disebelah tenggara adalah Laut Arab dan disebelah timur lautnya adalah Teluk Oman.

(Visited 13 times, 1 visits today)

Related Articles