fbpx
Suara Peternakan

Mengenal Domba Impor yang Berkembang di Indonesia

Suarapeternakan.com – Domba adalah hewan yang pertama kali didomestikasi. Hal ini ditemukan pada situs arkheologi di Iran. Seleksi pada domba dilakukan berdasarkan kualitas wol dan sudah dilakukan sejak 6000tahun lalu. Saat ini sudah dihasilkan domba-domba komposit denhan penyilangan dua atau lebih bangsa yang unggul.

Sepintas, domba mirip dengan kambing. Namun, jika ditelisik lebih jauh, antara keduanya memiliki perbedaan yang medasar.

Domba yang terdapat di Indonesia terdiri dari domba lokal dan impor. Domba lokal yang dikenal pada saat ini adalah domba ekor gemuk, domba ekor tipis, dan domba garut. Sementara bangsa domba impor antara lainndomba merino, domba dorset, domba sffolk, domba telex, dan domba dormer (dorset vs merino)

Adapun taksonomi domba sebagai berikut:
Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mammalia
Ordo: Artiodactyla
Genus: Ovis
Spesies: Ovis aries

Melansir dari berbagai sumber, berikut penjelasan singkat mengenai Domba impor yang dikembangbiakkan di Indonesia;

Domba Merino
Foto: wikipedia

Domba merino

Domba merino berasal dari spanyol. Penghasil wol dengan produksi 6 kg/ekor dan panjang wol 25 cm. Ukuran badan sedang, jantan bertanduk, sedangkan betina tidak bertanduk. Keturunan domba merino di Perancis disebut domba rambouillet, sementara keturunan domba merino di Indonesia yaitu domba garut.

Domba southdown

Domba southdown

Domba southdown berasal dari Inggris. Merupakan tipe padaging, tumbuh padat, lebar, dan dalam. Leher pendek dan tebal, garis punggung lurus, kaki pendek, serta tidak bertanduk.

Domba hamspshire
Foto: wikipedia

Domba hamspshire

Bangsa domba ininberasal dari Inggris. Merupakan domba tipe pedaging, tubuh lebar, padat dan dalam, dan telinga horisontal. Warna tubuhnya putih dan cokelat kehitaman atau hitam pada kaki bawah, muka dan sekeliling mata.

Domba Dorset

Domba dorset

Domba dorset berasal dari Inggris. Merupakan tipe wol rendah. Jantandan betina bertanduk, bentuk badan menyerupai segi lima.

Domba Karakul

Domba karakul

Domba ini berasal dari karakul. Kualitas wol rendah. Jantan bertanduk, sedanhakn betina tidak bertanduk. Bulu berwarna hitam atau cokelat. Bentuk badan sempit, leher panjang dengan kepala kecil, punggung melengkung keatas, dan kaki berukuran kecil.

Domba Texel

Dombe texel

Bangsa domba ini berasal dari Belanda. Merupakan tipe pedaging dan wol, porposi tubuh seimbang, dan pinggang kuat dengan selangka persegi dan rata. Ekor cukup lebar dan panjang, ditumbuhi wol sampai pertengahan tulang kering. Wol berbentuk keriting halus, tebal, panjang dan kuat (mutu baik).

(Visited 121 times, 1 visits today)

Related Articles