fbpx
Suara Peternakan

Mengenal Beragam Festival Hewan Dunia

Suarapeternakan.com – Beberapa festival untuk hewan yang digelar di berbagai Negara. Hewan memang sangat penting bagi manusia, selain diternakkan juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal. Berikut Festival yang digelar khusus untuk hewan.

Festival Unta Pushkar di India

Foto: Istimewa

Dunia mengenalnya sebagai Camel Fair Festival. Berpusat di Kota Pushkar India, dikenal juga sebagai  festival pasar unta terbesar.

Kegiatan inidiselenggarakan sekali setiap tahunnya. Pushkar sendiri terletak di Gurun Thar Rajashtan. Kehadiran habitat unta-unta di daerah gurun sekitar Rajasthan yang dijadikan kendaraan pada zaman dulu, konon telah melahirkan sebentuk festival budaya unik ini. Festival pasar unta ini diselenggarakan sebagai bentuk perayaan bulan Kartika Purnima, salah satu bulan suci umat Hindu yang biasanya jatuh antara bulan September hingga November.

Beberapa hari menjelang acara, persiapan para pemilik unta menghiasi unta-untanya, hingga keriuhan pasar unta yang tergelar sepanjang jalan di tepi padang pasir tersebut. Dalam perayaan Festival Pasar Unta di Pushkar ini, ribuan unta akan dihias untuk acara parade unta dan pameran unta.

Masyarakat, baik lokal maupun wisatawan akan berduyun-duyun mengikuti perlombaan naik unta, jangan berpikir naik unta mudah, perlombaan naik unta yang satu ini terbilang ekstrim, karena unta yang dinaiki adalah unta liar yang akan melompat kesana kemari, hingga menjatuhkan orang yang ada dipunggungnya, konon orang yang mampu bertahan lama berada diatas punggung unta tersebut akan memenangkan hadiah utamanya.

Para unta pada festival ini dengan menghias unta, unta yang tercantik dan tertampan akan mendapatkan piala penghargaan.

Tercatat ratusan ribu orang yang datang menghadiri festival ini setiap tahunnya. Dan tak kurang dari 50.000 ekor unta siap beraksi di perayaan epik Hindu yang satu ini. Maka tak terbayangkan bagaimana Pushkar dengan padang unta-unta cantik yang meliuk kesana kemari, dengan si penggembala yang berpakaian adat Rajashtan yang penuh warna-warna mencolok hati, unik sekali.

Festival Monkey Buffet di Thailand

Melansir dari wikipedia.comFestival Prasmanan Monyet diadakan tahunan di Lopburi, Thailand. Pada 2007, festival tersebut meliputi pemberikan buah-buahan dan sayur-sayuran kepada monyet-monyet lokal yang berjumlah 2,000 ekor di Provinsi Lopburi, utara Bangkok.

Festival tersebut disebutkan sebagai salah satu festival teraneh oleh surat kabar Guardian London bersama dengan festival lompat bayi di Spanyol. Sebuah foto dari Festival Prasmanan Monyet di wihara Pra Prang Sam Yot di Provinsi Lopburi menampilkan seekor monyet berusaha untuk meraih buah-buahan dan sayur-sayuran segar yang ditampung di dalam blok-blok es.

Festival Transhumance di Spanyol

Setiap tahunnya saat musim gugur dimulai, jalanan kota Madrid, Spanyol akan dipenuhi oleh ribuan domba. Di Madrid, festival ini dikenal dengan sebutan Fiesta de la Trashumancia.

Kata transhumance yang menjadi nama festival ini dapat diartikan sebagai tindakan atau proses memindahkan kawanan ternak ke tempat penggembalaan. Pemindahan hewan atau kawanana ternak ini dipindahkan ke tempat penggembalaan yang berbeda, tergantung pada musimnya.

Festival yang sudah berlangsung sejak 1994 ini biasanya digelar pada musim gugur dan menjadi tontonan para warga. Selain hewan ternak yang berjalan ke tempat penggembalaan barunya, kawanan domba juga dipimpin oleh laki-laki dan perempuan yang memakan baju tradisional.

Orang yang memakai baju tradisional ini akan memimpin perpindahan kawanan hewan ternak tadi dengan bernyanyi dan menari sepanjang rute.

Festival Burung Chili di Fasifik Chili

Setiap bulan Oktober di musim gugur, diadakan Festival Burung Chili di sepanjang pantai Pasifik Chili. Festival yang juga dikenal sebagai Festival de Aves de Chile ini digelar untuk merayakan keindahan dan keberagaman burung-burung di negara Chili.

Selain itu, pengunjung festival ini juga dapat menyaksikan burung kondor bersayap lebar,  yang merupakan salah satu burung terbesar di dunia. Tidak hanya melihat berbagai burung, festival ini juga dilangsungkan agar pengunjung bisa mengamati burung di habitatnya.

Festival ini digelar di Chili karena salah satu wilayahnya, yaitu Valparaiso merupakan wilayah yang terkenal memiliki ratusan spesies burung. Di wilayah Valparaiso, terdapat lebih dari 230 spesies burung.

Saat festival ini, berbagai aktivitas juga bisa dilakukan, seperti fotografi, membuat video, dan melukis, serta ada pakar burung yang dihadirkan.

Festival Ulat Woolly

Meskipun merupakan hewan yang berukuran kecil, ternyata ada perayaan atau festival untuk ulat yang digelar setiap tahun.

Biasanya, ulat bulu menjadi hewan yang dihindari, karena bisa membuat bagian tubuh yang terkena menjadi gatal dan bengkak. Namun di wilayah Banner Elk, Carolina Utara, Amerika Serikat ada festival tahunan yang dilangsungkan untuk ulat bulu jenis ulat bulu wol.

Festival yang sudah dilangsungkan sejak 1978 ini bertujuan untuk memprediksi cuaca musim dingin yang akan datang di Carolina Utara. Menurut legenda, ulat bulu wol yang memiliki 13 bagian bulu ini mewakili 13 minggu musim dingin.

Bagian bulu berwarna cokelat menunjukkan minggu yang ringan atau tidak terlalu dingin. Sedangkan bagian bulu yang berwarna hitam menunjukkan minggi yang dingin dan bersalju. Nah, karena setiap ulat bulu wol memiliki warna yang berbeda, maka biasanya akan diadakan lomba untuk menentukan ulat bulu mana yang akan digunakan untuk membuat ramalan cuaca.

Festival Kukur Tihar

Dalam sebuah upacara yang disebut Kukur Tihar, orang menempatkan kalung bunga di sekitar leher anjing peliharaan dan anjing liar untuk menunjukkan rasa hormat mereka.

Biasanya festival Hindu ini diadakan pada musim gugur di Nepal.

Festival ini diadakan untuk memberi rasa terima kasih pada spesies lain.

(Visited 39 times, 1 visits today)

Related Articles