fbpx
Suara Peternakan

Mengenal Bentuk Jengger Pada Ayam

SUARAPETERNAKAN.COM – Jengger pada ayam mempunyai bentuk marfologis yang beragam dan spesifik untuk masing- masing kelas dan bangsa ayam. Mulai dari ayam kampung, ayam lokal ataupun ayam import, semua memiliki keunikan dari bentuk tubuh, warna bulu sampai bentuk jengger.

Mengenai perbedaan jengger, Berikut ini beberapa jengger atau pial ayam yang perlu anda ketahui sebagai penggemar ayam rumahan. Dengan mengetahui beberapa jenis pial atau jengger ayam yang familiar diketahui orang, maka anda jadi tahu jenis jengger atau pial apa yang anda miliki sebagai peliharaan/ternak di rumah.

Bentuk jengger pada ayam secara umum dapat dikelompokkan menjadi 8 bagian yaitu:

Jengger Tunggal (Single Comb)

Jengger Tunggal (Single Comb); Jengger yang berdiri tegak, serasa rambut mohawk dibalut lem kayu.

Jengger Mangkok (Buttercup Comb)

Jengger Mangkok (Buttercup Comb) ; Merupakan jengger ayam sicilian buttercup yang berasal dari kepulauan italia bernama sicily. Dari bentuk fisik, buttercup hanya memiliki jengger kecil di bagian tengah dan lebih besar dibagian kanan kirinya.

Jengger Bentuk V ( V Shapped Com)

Jengger Bentuk V ( V Shapped Com); Berbentuk huruf V, banyak orang menyebutnya tanduk setan. Hal ini disebabkan karena bentuknya yang menyeruoai dua tanduk tepat diatas kepalanya. Contoh jenis ayam yang memiliki tanduk V adalah Polish dan Sultans.

Jengger Walnut Comb

Jengger Walnut Comb; Jengger ayam yang hanya seukuran kacang atau cekung dibagian dekat parunya. Letaknya hanya sebatas garis mata ayam jika ditarik garis vertikal.

Jengger Bunga Mawar (Rose Comb)

Jengger Bunga Mawar (Rose Comb) ; Memiliki bentuk seperti layaknya jengger tigan dengan bagian atas menyerupai bunga mawar serta tigan dengan bagian atas menyerupai bunga mawar serta pada beberapa breed ayam berbentuk meruncing dibagian ujung belakangnya.

Jengger Pea Comb atau Jengger biji

Jengger Pea Comb atau Jengger biji; Berbentuk gerigi dan terdiri dari tiga baris yang terkadang ketiganya berukuran sama. Masih dalam lingkaran jengge telon, ada juga bentuk jengger blangkon. Yaitu jengger telon yang bentuknya mirip sekali seperti pola blangkon. Lebih lanjut, ada juga yang namanya jengger bantam yang bentuknya tigan tetapi lebih, jengger bantam ular dan terbelah dua, misal jengger ayam birma

Jengger Buah Beri (Straberry Comb)

Jengger Buah Beri (Straberry Comb); Memiliki kemiripan dengan rose comb atau jambul gerigi. Hanya saja bentuknya lebih tinggi dan tidak meruncing pada bagian belakang selayaknya buah strawberry.

Jengger Bantal (Cushion Comb)

Jengger Bantal (Cushion Comb); Jenis jengger ini mirip dengan jengger telon atau tigan atau pea comb, hanya saja jengger yang satu ini lebih cenderung berbentuk ouval layaknya bantal serta permukaannya lebih halus.

(Visited 1.352 times, 8 visits today)

Related Articles