fbpx
Suara Peternakan

Mengenal 5 Jenis Susu Sapi, Manakah yang Sering Anda Konsumsi?

SuaraPeternakan – Susu sapi adalah salah satu produk olahan protein hewani yang banyak dikonsumsi. Manfaat susu untuk kesehatan terutama disebabkan kandungan kalsiumnya yang tinggi, selain kandungan vitamin dan mineralnya. Sebagai produk komersial, susu bisa dijumpai dalam berbagai macam bentuk.

Menurut ilmuwan nutrisi dari University of Alabama, USA, Matthew Lantz Blaylock, susu merupakan nature’s perfect food, mengkonsumsi dua gelas susu segar setiap hari dapat membantu mempertahankan massa otot, menguatkan tulang, mendukung komposisi tubuh yang baik dan memperbaiki kesehatan peredaran darah.

Dilansir dari berbagai sumber berikut beberapa penjelasan mengenai jenis susu sapi, manakah yang sering Anda minum?

1) Whole Milk atau Susu Full Cream

Susu full cream atau whole milk merupakan jenis susu yang kandungannya paling lengkap. Susu ini mengandung protein, karbohidrat, dan juga lemak yang tinggi. Rasa yang dimiliki gurih karena lemaknya. Susu ini tidak dianjurkan untuk orang obesitas yang ingin menurunkan berat badan karena kandungan kalorinya tinggi.

Penelitian Skandinavian Journal of Primary Health 2013, susu full cream ternyata membuat kita lebih kenyang sehingga asupan lain berkurang

Meski kandungan kalori tinggi, tetapi tidak perlu takut mengonsumsi susu full cream. Segelas susu ukuran 250 ml mengandung energi 146 kkal, karbohidrat sekitar 4 persen dari kebutuhan harian atau 12,8 gram, protein 7,9 gram, lemak 7,9 gram, serta mengandung vitamin A,D, riboflavon, kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium.

2) Low-fat Milk

Low fat milk sendiri merupakan susu rendah lemak dengan kandungan 0,5 gram lemak per saji. Kandungan kalsium dalam low fat milk terbilang tinggi yang mengandung 501 mg per saji. Low fat milk banyak dikonsumsi oleh remaja usia belasan hingga usia 25 tahun. Di low fat milk biasanya ada high fiber. Penting karena melancarkan pencernaan.

Low Fat Milk rendah lemak, aman dikonsumsi anak-anak yang membutuhkan 1000 mg kalsium sehari. Dengan mengonsumsi low fat milk, kebutuhan konsumsi kalsium harian anak-anak sudah terpenuhi kurang lebih 50 persen.

Proses pembuatan low fat milk dimana diproses dari susu segar yang kemudian dipisahkan kandungan lemaknya. Meski terpisah dari lemak, tidak mengurangi kandungan kalsium, mineral, dan vitamin yang terkandung dalam susu.

3) Susu Skim

Skim milk memiliki 0 gram lemak per saji. Artinya kandungan lemak di dalam skim milk lebih rendah dari low fat milk. Kandungan kalsium dalam skim milk terbilang tinggi. Skim milk mengandung 600 mg per saji.

Skim milk cukup aman dikonsumsi anak-anak yang membutuhkan 1000 mg kalsium sehari. Dengan mengonsumsi skim milk kebutuhan konsumsi kalsium harian anak-anak sudah terpenuhi kurang lebih 50 persen.

Proses pembuatan low fat milk, dimana diproses dari susu segar yang kemudian dipisahkan kandungan lemaknya. Meski terpisah dari lemak, tidak mengurangi kandungan kalsium, mineral, dan vitamin yang terkandung dalam susu.

Skim milk sendiri umumnya diminati oleh kalangan usia 35 tahun. Sebagai persiapan pemenuhan kalsium lebih di usia yang semakin menua.

4) Susu Organik

Menurut standar di berbagai negara, susu organik harus berasal dari sapi yang diternakkan tanpa menggunakan antibiotika, tidak diberikan hormon (baik untuk reproduksi atau pertumbuhan), dan diberi pakan organik.

Susu organik diperoleh hanya jika hewan perah tersebut dipelihara dengan benar di peternakan. Dengan pemeliharaan yang tepat akan menghasilkan susu berkualitas tinggi. Sapi-sapi tesebut juga diberi makanan-makanan organik dan memiliki peraturan yang ketat.

5) Susu Bebas Laktosa

Susu tanpa laktosa tetaplah susu sapi juga. Susu bebas laktosa memiliki gula natural yang biasa disebut dengan laktosa telah dihilangkan. Susu ini sangat bagus bagi kita yang memiliki intoleransi terhadap laktosa. Meskipun tanpa laktosa, susu jenis ini tetap mengandung nutrisi yang sama, yaitu protein, potasium, dan vitamin D.

(Visited 27 times, 1 visits today)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *