fbpx
Suara Peternakan

Mari Mengenal Ternak Kambing

SUARAPETERNAKAN.COM – Pemeliharaan kambing sangat populer karena mereka adalah hewan peliharaan yang sangat penting dan berharga. Mereka adalah salah satu spesies hewan peliharaan tertua. Kambing pertanian saat ini, pertama kali dijinakkan dari Asia barat daya dan kambing liar Eropa Timur. Kambing adalah anggota keluarga Bovidae dan kambing dan domba berasal dari subfamili Caprinae. Ada lebih dari 300 breed kambing di seluruh dunia.

Kambing umumnya dipelihara karena kapasitas produksinya yang tinggi yaitu susu, daging, rambut, dan kulit. Permintaan susu kambing, daging, rambut, dan kulit sangat tinggi di pasar dunia. Kambing dianggap sebagai hewan peliharaan paling populer di abad ke-20 dan sejak itu berbagai umur dan jenis kambing dikenal dengan nama yang berbeda. 

Klasifikasi Kambing

Berikut ini kami jelaskan klasifikasi Kambing :

  • Kingdom : Animalia
  • Filum : Chordata
  • Kelas : Mamalia
  • Famili : Bovidae
  • Sub Famili : Caprinae
  • Genus : Capra
  • Spesies : Capra aegagrus
  • Sub Spesies : Capra Aegagrus hircus

Sumber : Linnaeus, 1758

Morfologi Kambing

  • Kambing secara umumnya memiliki tanduk dua dibagian kiri dan kanan
  • Kambing berukuran sedang
  • Bobot jantan mencapai 120 kg dan betina 50 kg bahkan lebih tergantung dengan varietasnya
  • Memiliki warna mulai dari hitam, hitam belang putih, putih hitam, dan juga berwarna kecoklatan
  • Memiliki ekor pendek rata-rata berukuran 2-3 cm
  • Memiliki janggut dengan panjang mencapai 3-4 cm
  • Dahi cembung, dan hidung datar.

Makanan Kambing

Umumnya kambing adalah ruminansia. Ada empat kompartemen di perut mereka. Rumen, recticulm, omasum, dan abomasum. Mereka makan hampir semua jenis makanan seperti daun, tanaman, jagung, rumput, dll. Tapi mereka sangat suka makan daun dan rumput hijau. Mereka bisa pergi jauh untuk mencari makanan. Pakan kambing yang ideal harus mengandung 10-14% protein dan kalori yang cukup untuk energi. Mereka minum banyak air setiap hari.

Jenis Kambing

Jenis-Jenis kambing tergolong dalam kategori-kategori yang sangat banyak menurut kegunaan, seperti penyusu, penyilangan gen, daging, kulit, transportasi maupun sebagai teman.

Kambing Kacang

Kambing kacang adalah ras unggul kambing yang pertama kali dikembangkan di Indonesia. Badannya kecil. Tinggi gumba pada yang jantan 60 sentimeter hingga 65 sentimeter, sedangkan yang betina 56 sentimeter. Bobot pada yang jantan bisa mencapai 25 kilogram, sedang yang betina seberat 20 kilogram. Telinganya tegak, berrambut lurus dan pendek. Baik betina maupun yang jantan memiliki dua tanduk yang pendek.

Kambing Etawah

Kambing Etawah didatangkan dari India yang disebut kambing Jamnapari. Badannya besar, tinggi gumba yang jantan 90 sentimeter hingga 127 sentimeter dan yang betina hanya mencapai 92 sentimeter. Bobot yang jantan bisa mencapai 91 kilogram, sedangkan betina hanya mencapai 63 kilogram. Telinganya panjang dan terkulai ke bawah. Dahi dan hidungnya cembung. Baik jantan maupun betina bertanduk pendek. Kambing jenis ini mampu menghasilkan susu hingga tiga liter per hari. Keturunan silangan (hibrida) kambing Etawa dengan kambing lokal dikenal sebagai sebagai kambing “Peranakan Etawah” atau “PE”. Kambing PE berukuran hampir sama dengan Etawa namun lebih adaptif terhadap lingkungan lokal Indonesia.

Kambing Peranakan Etawah

Kambing peranakan etawah (PE) merupakan hasil kawin silang antara kambing kacang dengan kambing etawah yang mempunyai sifat mendekati kambing etawah dan sebagiannya mendekati sifat kambing kacang. Ciri khas dari Kambing Peranakan Etawa atau PE adalah pada bentuk mukanya yang cembung, bertelinga panjang yang mengglambir, postur tubuh tinggi. kambing PE memiliki lama kebuntingan 148,87 hari, siklus birahi 23 hari, angka kawin per kebuntingan 1,95.

Kambing Jawarandu

Kambing Jawarandu merupakan kambing hasil persilangan antara kambing Etawa dengan kambing Kacang. Kambing ini memliki ciri separuh mirip kambing Etawa dan separuh lagi mirip kambing Kacang. Kambing ini dapat menghasilkan susu sebanyak 1,5 liter per hari.edo

Kambing Saanen

Kambing Saenen berasal dari Saenen, Swiss. Baik kambing jantan maupun betinanya tidak memliki tanduk. Warna rambutnya putih atau krem pucat. Hidung, telinga dan kambingnya berwarna belang hitam. Dahinya lebar, sedangkan telinganya berukuran sedang dan tegak. Kambing ini merupakan jenis kambing penghasil susu.

Kambing Saburai

Kambing saburai adalah kambing persilangan antara kambing peranakan etawa dengan kambing boer. kambing ini banyak ditemui di Kabupaten Tanggamus – Lampung. di daerah lain, kambing ini juga dinamai dengan nama kambing boerawa.

Kambing Liar

Kambing bersedia kembali ke alam liar (menjadi liar) jika diberikan kesempatan. Satu-satunya hewan peliharaan jinak lain yang diketahui kembali ke kehidupan liar dengan cepat ialah kucing. Kambing liar terdapat di seluruh penjuru dunia. Kambing liar yang bertambah banyak di habitat-habitat yang tidak bersesuaian dengan kambing boleh mendatangkan kesan buruk seperti mengancam spesies tumbuh-tumbuhan lokal. Misalnya di Australia, terdapat sekurang-kurangnya 2.6 juta ekor kambing liar di 28 persen seluruh wilayah negara tersebut, namun jumlah tersebut berubah-ubah disebabkan kemarau, program-program pengurusan dan kesuburan tinggi.

Kambing dalam mitologi dan budaya rakyat

Menurut mitos Norse, Thor si dewa petir mempunyai kereta yang ditarij oleh dua ekor kambing bernama Tanngrisnir dan Tanngnjóstr. Ketika berkemah malam hari, Thor memakan daging kambing-kambing itu sambil berjaga-jaga agar tidak sebatangpun tulang-tulang kambing itu patah. Kemudian dia membungkus tulang kambing itu, dan pada keesokan harinya kambing-kambing itu kembali hidup untuk menarik keretanya. Pada suatu ketika ada seorang anak peladang yang dijemput berbagi makan daging kambing itu, tetapi dia memecahkan tulang untuk menghisap sumsumnya, jadi kaki kambing itu patah pada keesokan pagi dan akibatnya anak itu diperbudakkan oleh Thor sebagai ganti rugi.

Menurut kepercayaan shio Cina, shio kambing mewariskan sifat mandiri, ada pada tiap 12 tahun : 1943, 1955, 1967, 1979, 1991, 2003 . Orang orang yang lahir dengan shio kambing memiliki kemandirian yang besar dan mampu mengatasi persoalannya sendiri, tergolong dalam aliran Yin, dan memiliki kecocokan dengan shio anjing dan kelinci. Kambing adalah salah satu (yakni yang kelapan) dari dua belas bintang sistem zodiak Tionghoa. Mereka yang lahir pada tahun kambing di kenal pemalu, penyendiri, dan kreatif.

Kambing adalah binatang kurban untuk acara Idul Adha dalam kebudayaan Muslim . Pada saat nabi Ismail akan disembelih oleh ayahnya atas perintah Allah, dijadikan kambing sebagai penggantinya. Menurut kitab Al Quran, binatang ternak ( salah satunya adalah kambing ) adalah salah satu sumber pelajaran yang penting bagi umat manusia . Semua bagian tubuhnya bisa dijadikan manfaat bagi manusia.

Ulasan informasi tentang ternak kambing, ini bertujuan agar kita mulai mengenal ternak kambing. Jika tertarik untuk membudidayakannya, informasi tambahan bisa Anda dapatkan di website ini. Selamat belajar.

Sumber :
id.wikipedia.org
roysfarm.com
fredikurniawan.com

(Visited 86 times, 1 visits today)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *