fbpx
Suara Peternakan

Maiwa Breeding Center Fapet Unhas, Menjadi Pusat Pembibitan Sapi Berbasis Industri

SUARAPETERNAKAN.COM – Fakultas Peternakan (Fapet) Universitas Hasanuddin (Unhas) secara resmi meluncurkan Maiwa Breeding Center (MBC) di Gedung  IPTEKS Unhas pada Senin (4/2). MBC dengan area seluas 250 hektare dulunya menjadi pusat teknologi pembibitan unggul sapi Bali Pollet. Juga sebagai kawasan Techno Park, yang berguna sebagai pusat penelitian pembibitan, pengembangan, dan ilmu pengetahuan.

Peresmian MBC dihadiri oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) , Prof Mohammad Nasir dan Rektor Unhas Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu, Dekan Fakultas Peternakan, Prof Lellah Rahim beserta jajaran kampus dan sejumlah kepala daerah di Sulsel.

Prof  Mohammad Nasir mengatakan, MBC ini nantinya akan menjadi pusat pembelajaran pembibitan sapi berbasis industri di luar pulau Jawa, dan Unhas menjadi satu-satunya kampus di Indonesia yang memiliki breeding center.

Pusat riset yang diberi nama Maiwa Breeding Center dibangun di Kabupaten Enrekang, Sulsel. Salah satu komoditas diprioritaskan menjadi produk unggulan daging sapi. Membangun pusat riset pengembangan bibit sapi unggul yang mampu memiliki bobot mencapai setengah ton. 

Kemenristekdikti juga akan menggelontorkan dana hingga Rp 10 miliar untuk MBC. Anggaran tersebut bisa digunakan untuk membantu pengembangan inovasi, laboratorium, dan pembibitannya. “Kami siap membantu agar MBC berkembang terus, sampai diangka Rp 10 miliar,” Kata Prof Nasir.

Untuk peningkatan skala MBC sebagai industri pengembangan sapi dengan tetap menjadikannya sebagai pusat pembelajaran bagi mahasiswa. Sebelum diresmikan sudah ada produksi bakso kemasan, daging premium dan industri pakan.

Pembibitan  sapi dipusatkan di tiga daerah, yaitu Kabupaten Barru, Enrekang, dan Soppeng. Selain itu Fakultas Peternakan juga  telah bekerja sama dengan pemerintah daerah dan berbagai pihak terkait di level provinsi maupun kabupaten/kota. 

MBC juga merupakan salah satu program andalan Unhas, dengan target pemasaran daging sapi hingga 1 ton per bulan.

(Visited 104 times, 1 visits today)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *