fbpx
Suara Peternakan

Lengkap Pakan Itik

SUARAPETERNAKAN.COM – Bertani itik bukanlah tugas yang mudah. Subjek utama yang cukup penting untuk peternakan itik yang sukses adalah pakan itik. Jika Anda ingin memelihara bebek untuk tujuan komersial, maka Anda harus tahu pakan apa yang penting dan apa yang tidak boleh diberikan kepada bebek. Untuk mendapatkan keuntungan yang diinginkan dari bisnis peternakan itik, Anda harus memastikan keseimbangan diet. Ini memastikan bahwa bebek akan tumbuh dengan cara yang sehat.

Sebagian besar itik dipelihara di peternakan. Namun, sejumlah itik juga dipelihara di ruang terbuka atau kolam. Banyak orang berpikir bahwa roti atau remah roti adalah makanan bebek yang cocok tetapi itu tidak sepenuhnya benar. Sama seperti semua makhluk bebek perlu diet seimbang untuk pertumbuhan yang tepat.

Pemberian Pakan Pada Itik

Bebek dianggap sebagai sumber hewan peliharaan dan telur atau daging yang baik. Jadi, jika petani ingin memelihara itik, mereka harus memberi mereka makan dengan benar. Dalam hal ini, memberi makan bebek sangat penting karena bebek bayi menjadi sangat lemah dan sensitif. Setelah kelahiran itik, petani harus menyediakan tumbuk mulai basah selama delapan minggu. Lebih baik menyediakan pakan pada malam hari selama beberapa hari pertama dan air minum dapat diberikan dari hari ke-2 melalui air mancur dan palung. Setelah hari keempat, petani harus menambahkan udang rebus kecil cincang halus. Selain itu, jumlah pakan harus ditambah dengan bertambahnya usia itik. Ketika itik mencapai pada usia satu bulan, peternak harus menyediakan siput air tawar kecil dan merebus gabah. 

Pakan topeng yang diberikan kepada itik terdiri dari tepung ikan, bekatul dengan kulit tiram, jagung, bungkil kedelai, whey kering dan tepung tulang dengan suplemen vitamin mineral. 

Tumbuk starter dengan protein kasar 10-20% memberi bebek satu hari sampai enam minggu; tumbuk dengan 16% protein kasar memberikan bebek berusia 6 minggu sampai 4 bulan; tumbuk lapisan dengan 16% minyak mentah dengan bebek berusia 4 bulan ke atas.

Berikan cukup tumbuk untuk dikonsumsi cepat pada satu waktu selama 10 hingga 15 menit, jika tumbuk lebih disukai. Tren tumbuk basah menjadi rusak ketika dibiarkan lama di gerbong. Lebih baik memberi pakan secara berkala. Untuk alasan ini, bebek belajar makan lebih banyak dan nafsu makan dikembangkan untuk mengisi sendiri di antara minuman, mencerna makanan dengan cepat. 

Peternak harus menyediakan pakan empat hingga lima kali sehari yang cukup untuk bebek berusia lebih dari 2 minggu dan menyediakan banyak air bersih dan segar. 

Ketika bebek memakan pakan mereka, mereka membuang terlalu banyak karena alasan ini berikan pakan yang cukup untuk mencegah banyak limbah.

Pakan Itik Dewasa

Bebek, umumnya dipelihara sebagai hewan ternak atau hewan peliharaan, adalah hewan yang berguna untuk dipelihara di dalam negeri dan sumber daging dan telur yang dapat diandalkan. Namun, bebek membutuhkan nutrisi khusus untuk bertahan hidup. 

Jika bebek tidak mendapatkan nutrisi yang cukup, mereka tidak akan tumbuh dengan baik. Selain itu, mereka juga menderita gizi buruk yang dapat menyebabkan penyakit dan bahkan kematian kawanan bebek. Jika peternak memberikan pakan yang salah, maka itik akan membuangnya. 

Berikut adalah beberapa petunjuk tentang cara memberi makan bebek yang sudah dewasa.

  • Pertama-tama persiapkan pengumpan bin. Bersihkan dan keringkan permukaan feeder dengan benar dan kemudian setiap telur yang tajam harus ditutup dengan lakban dan gantung di tempat yang aman di dalam ruang tertutup bebek.
  • Untuk memberikan jumlah nutrisi yang benar, sediakan pakan bebek komersial. Breed itik produktif telur membutuhkan 16-18 persen protein dalam pakan mereka. Protein 14-16 persen membutuhkan orang dewasa yang tidak bertelur dalam makanan mereka.
  • Terlalu banyak protein dapat menyebabkan sayap malaikat yang menyebabkan sayap, bulu untuk menempel. Selain itu kekurangan protein yang cukup dapat menyebabkan masalah gizi serius yang menghambat bertelur.
  • Berikan bebek segar hijau Anda, seperti hiasan sayur, meskipun bebek Anda dapat memakan gulma dan rumput di halaman Anda setiap kali Anda menyimpan bebek di luar.
  • Buat pakan bebek Anda dengan bantuan telur rebus, jagung pecah-pecah dan cacing. Anda harus menghindari menggunakan jagung utuh karena tidak mudah dicerna. Di musim dingin. Sejumlah besar jagung retak harus diberi makan. Sebuah studi memastikan bahwa jagung retak mengandung setengah dari protein yang dibutuhkan bebek.
  • Setiap kali Anda memberi makan bebek Anda, Anda harus menyediakan air segar untuk menelan makanan yang Anda berikan dan membersihkan paruh mereka. Bebek Anda bisa tersedak karena tidak menyediakan air yang cukup.
  • Anda harus memelihara pakan bebek Anda dengan hati-hati karena dapat menumbuhkan bakteri dan mikroorganisme lain yang berbahaya bagi kesehatan bebek Anda.

Makanan yang tak boleh untuk Itik

Item yang paling umum dan unggas air mengandung paling tidak bergizi dan juga tidak sehat seperti roti, keripik, kerupuk, popcorn dll. Anda tidak boleh memberi makan roti ke bebek Anda karena tidak memiliki nilai kesehatan dan juga menghambat pertumbuhan bebek, membuat cara air kotor dan menarik tikus. . Demikian pula, bebek tidak boleh memberi makan produk apa pun yang rusak. Selain itu, pakan busuk bisa berbahaya bagi bebek.

Pakan yang baik untuk Itik

Pakan yang mengandung nutrisi, mineral dan vitamin dan bahan-bahan yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan bebek yang sehat adalah pakan terbaik untuk bebek. Sebagian besar pakan ini memiliki kemiripan dengan biji-bijian alami, biji-bijian, dan tanaman yang dicari sendiri oleh burung. Daftar pakan terbaik untuk bebek yang dijelaskan di bawah ini.

  • Jagung pecah
  • Milo
  • Bibit burung
  • Gandum
  • Jelai
  • Anggur
  • Selada cincang
  • Cacing tanah
  • Hiasan sayur

Dapat ditambahkan bahwa pellet atau pellet starter unggas merupakan pakan bagus untuk bebek yang dapat dibeli dari peternakan atau toko persediaan pertanian.

Kiat Pemberian Pakan Itik

  • Anda tidak boleh memberi makan bebek ketika bebek tidak tertarik untuk makan dan jika Anda melakukannya maka bebek akan membiarkan pakan tidak dimakan.
  • Anda harus berhati-hati terhadap bebek yang mendekat dan ingat bahwa mereka masih agresif.
  • Bersihkan semua sampah dengan benar.
  • Waspadai anak-anak dan hewan peliharaan lain sehingga mereka tidak dapat mengganggu bebek.
  • Selalu ikuti fasilitas setempat yang membantu memberi makan bebek.

Sumber : roysfarm.com

(Visited 76 times, 1 visits today)

Related Articles