fbpx
Suara Peternakan

Kontes Kambing Warnai FWM 2019, Festival Pertama Kali yang Digelar di Desa Wonomarto Lampung Utara

Suarapeternakan.com – Lampung Utara – Desa Wonomarto berdiri sejak tahun 1972, baru kali pertama diadakan festival desa yang terletak di Kecamatan Kotabumi Utara, Kabupaten Lampung Utara. Selama 47 tahun, baru kali ini diadakan FWM 2019 yang meriah dan berjalan dengan kondusif.

Hari ketiga pelaksanaan FWM 2019 Kamis (17/10/2019), diadakan Kontes Kambing dan Lomba Perkutut yang memperebutlan Tropy Bupati Lampura. Kontes ini bertujuan untuk mendorong masyarakat setempat dalam pengembangan sentra peternakan yaitu budidaya kambing.

Melansir dari kongkrit.com, Kepala Dinas Pertanian, Sofyan, yang diwakili Kabid. Peternakan, Yuli Hendratmoko, menyampaikan, Pemkab setempat sangat mensupport agar peternak terus memelihara kambing dengan sebaik-baiknya. Hal ini untuk pencapaian produktifitas budidaya kambing lebih maksimal.

“Dinas Pertanian dan Peternakan Lampung Utara selama ini telah banyak memberikan bantuan berupa indukan kambing dan bantuan lainnya pada kelompok peternak,” katanya.

Kontes Kambing ini sekiranya mampu meningkatkan daya saing dan nilai jual yang tinggi untuk kambing yang sehat dan indukan yang unggul.

Kepala Desa Wonomarto, Waskito Yusika, mengatakan, Kegiatan ini sebagai suatu upaya untuk memberikan motivasi agar masyarakat lebih mengoptimalkan budidaya ternak kambing demi meningkatkan kesejahteraan dan peningkatan perekonomian keluarga.

Di tempat yang sama, salah satu peserta yang berasal dari komunitas kambing Kab. Lampung Tengah, Abdul Holik, mengatakan, sebagai sebuah awalan kontes ini sudah cukup baik.

“Dalam hal kontes, peternak harus memahami terlebih dahulu seperti apa seni kambing yang indah dipandang dan sehat secara fisik,” katanya seraya mengatakan kambing jenis Etawa yang dibawanya dalam kontes FWM 2019 dapat dijadikan contoh konkrit bagi warga sekitar.

Sekira18 kambing yang diikutsertakan dalam Kontes Kambing FWM 2019, baik perorangan maupun secara kelompok. Katagori penilaian kontes kambing meliputi Kelas pejantan, kelas induk, calon pejantan, calon induk.

Sumber: Kongkrit.com

(Visited 18 times, 1 visits today)

Related Articles