fbpx
Suara Peternakan

Kesulitan Ekspor Ayam di Indonesia, Brasil Lapor ke WTO

SuaraPeternakan.com – Kementerian Pertanian Brasil telah meminta Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) untuk menginvestigasi kebijakan impor ayam Indonesia dari Brasil.

Dilansir dari Channel News Asia, Brasil telah memenangkan kasus serupa terhadap Indonesia pada 2017 lalu. Namun Brasil tetap menilai pemerintah Indonesia belum menerapkan hasil keputusan persidangan WTO tersebut.

Hal ini, Indonesia masih menghadang impor ayam dari perusahaan Brasil. Menteri Keuangan negara G20 peringatkan risiko perang dagang terhadap ekonomi global brasil tidak diperbolehkan mengekspor unggas ke Indonesia. Argumen yang dikeluarkan pemerintah Indonesia bahwa ayam dari Brasil tidak memiliki sertifikat halal.

Meskipun tim inspeksi dari Indonesia telah mengunjungi pabrik pemprosesan ayam di Brasil tahun lalu. Namun belum merilis dokumentasi apa pun tentang inspeksi tersebut.

Menteri Pertanian Brasil Tereza Cristina mengatakan dalam pernyataan tertulis tim inspeksi dari Indonesia telah mengunjungi pabrik pemprosesan ayam di Brasil tahun lalu. Akan tetapi, imbuhnya, tim tersebut belum menerbitkan hasil inspeksi tersebut.

“WTO menyatakan sebuah negara tidak bisa menunda penerbitan dokumen perizinan kebersihan sampai waktu yang tidak ditentukan,” ujarnya, seperti dilaporkan Channel News Asia, Sabtu (15/6/2019).

Tereza menambahkan pemerintah Indonesia tidak pernah menunjukkan alasan penundaan tersebut.

Brasil yang merupakan negara pengekspor unggas terbesar di dunia menyebutkan permintaan untuk membuka panel penyelidikan ini akan dievaluasi oleh Badan Penyelesaian Sengketa WTO dalam pertemuan yang dijadwalkan 24 Juni 2019.

(Visited 41 times, 1 visits today)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *