fbpx
Suara Peternakan

Kerbau Afrika

SuaraPeternakan.com – Kerbau afrika (Syncerus caffer) adalah hewan endemik Afrika yang tidak terkait dengan kerbau liar asia dan kerbau domestik.

Kerbau afrika memiliki beberapa subspesies diantaranya adalah S caffer caffer, yang merupakan spesies terbesar yang ditemukan di Afrika Selatan dan Afrika Timur. S. c. nanus (kerbau hutan afrika) adalah subspesies terkecil, yang banyak ditemuan di belantara Afrika Barat dan tengah, sedangkan S. c. brachyceros tersebar di Afrika Barat, dan S. c. aequinoctialis tersebar di padang rumput Afrika Tengah.

Dikutip dari wikipedia, Tanduk kerbau dewasa menyatu dan membentuk perisai tulang yang dinamakan “bos”. Mereka secara luas dianggap sebagai hewan yang sangat berbahaya, karena mereka tercatat menyeruduk dan membunuh lebih dari 200 orang setiap tahun.

Kerbau Afrika bukan merupakan nenek moyang sapi domestik dan jauh lebih besar dengan mamalia anggota famili Bovinae lainnya. Karena sifatnya yang tak terduga, membuatnya sangat berbahaya bagi manusia. Kerbau afrika tidak pernah dijinakkan, tidak seperti kerbau asia.

kerbau afrika. Sumber: wikipedia

Nama ilmiah: Syncerus caffer
Massa: 590 kg (Dewasa)
Kingdom: Animalia
Panjang: 2,5 m (Dewasa)
Tingkat trofik: Herbivor

Selain itu ada Kerbau hutan afrika (Syncerus caffer nanus) adalah subspesies terkecil kerbau afrika yang tinggal di kawasan hutan hujan tropis di Afrika Barat dan Tengah. yang curah hujannya di atas 1500 mm per tahun.

Kerbau ini meiliki berat antara 250-320 kg (550-750 ib). Beratnya itu membuatnya dinobatkan sebagai varietas terkecil kerbau afrika. Ia juga memiliki warna coklat kemerahan yang membuatnya lebih berbeda dengan varietas satu jenis yang hidup di kawasan sabana Afrika. Tanduknya juga lebih kecil dan tumbuh lebih lambat dibandingkan kerbau sejenis.

Kerbau hutan afrika, Sumber: wikipedia

Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mamalia
Ordo: Cetartiodactyla
Famili: Bovidae
Subfamili: Bovinae
Genus: Syncerus
Spesies: S. caffer
Subspesies: S. caffer nanus
Nama trinomial
Syncerus caffer nanus

Sumber: wikipedia

(Visited 57 times, 1 visits today)

Related Articles