fbpx
Suara Peternakan

Kenali Sedini mungkin Penyakit Kolik pada Ternak Kuda

SUARAPETERNAKAN.COM – Sebagai pemilik dan pengasuh kuda, kita mungkin menemukan kuda dengan sakit perut setidaknya sekali dalam karir berkuda kita, tetapi seberapa banyak yang Anda ketahui tentang kuda kolik dan seberapa siapkah Anda?

Image : http://blog.trackener.com

Apa Itu Kolik?

Kolik adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan nyeri perut pada kuda yang disebabkan oleh masalah pada saluran pencernaan (GI). Diantara spesies ternak, kuda adalah hewan yang paling umum menderita kolik. Mulai dalam tingkat keparahan, ada sekitar 70 masalah saluran pencernaan yang berbeda yang dapat menyebabkan kuda menjadi kolik. Kolik adalah salah satu penyebab paling umum kematian pada kuda, namun perkembangan kedokteran hewan telah menghasilkan prognosis yang jauh lebih baik berkat perbaikan diagnosa dan perawatan yang lebih baik.

Jika Anda tidak terbiasa dengan cara kerja sistem pencernaan kuda, lihat video hebat ini dari Dengie Horse Feeds, di mana ahli gizi Equine Katie Williams dan Claire Akers menunjukkan kepada Anda di sekitar sistem pencernaan kuda menggunakan model ukuran kehidupan. 

Kolik pada kuda terdiri atas beberapa macam antara lain:

  • Kolik konstipasi (Impaksio kolon) merupakan kolik yang ditandai dengan rasa sakit perut dengan derajat sedang, depresi serta adanya konstipasi.
  • Kolik spasmodik (Enteralgia kataralis) merupakan kolik akut disertai dengan rasa mulas yang biasanya berlangsung tidak lama akan tetapi terjadi secara berulang.
  • Kolik Timpani (Flatulent colic) merupakan kolik yang disertai dengan timbunan gas yang berlebihan didalam kolon dan sekum.
  • Kolik Lambung (Distensi lambung) merupakan kolik yang biasanya berlangsung akut, yang terjadi sebagai akibat meningkatnya volume lambung yang berlebihan.

Inilah Tanda-tanda Ternak Kuda Terjangkit Kolik

Sumber Foto : http://blog.trackener.com

Diagnosis dini kolik adalah salah satu faktor terpenting untuk memastikan peluang hidup tertinggi.Karena itu, sangat penting bagi Anda sebagai pemilik / pengasuh kuda untuk mengetahui tanda-tanda utama:

  • Seekor kuda yang menderita kolik akan sering mengais di tanah.
  • Seekor kuda yang berkolusi dapat berkeringat, bahkan jika mereka belum melakukan latihan fisik!
  • Demikian juga, kuda itu mungkin memiliki denyut nadi dan laju pernapasan yang tinggi, meski hanya berdiri diam di kandang!
  • Tanda kunci dari Kolik adalah ketika Anda melihat seekor kuda mencoba menendang perut mereka.
  • Seekor kuda yang menderita Kolik akan banyak berguling!
  • Kuda yang berkolusi juga bisa meregang seolah ingin mengeluarkan air seni.
  • Tanda awal Kolik mungkin adalah kuda Anda yang menunjukkan sedikit minat pada makanan mereka.

Penyebab Kolik

Kualitas pakan yang terlalu banyak mengandung serat kasar dapat menyebabkan pasasi ingesta menjadi lambat dan ingesta mungkin tertimbun disuatu tempat dalam kolon sehingga menyebabkan konstipasi akibat kurangnya air dan juga pakan kasar dapat mengakibatkan selaput lendir usus terangsang terus menerus hingga terjadi radang traumatic yang cukup untuk merangsang syaraf parasimpatis hingga otot-otot berkontraksi yang mengakibatkan terjadinya obstruksi usus dengan kondisi yang sangat parah yang mengakibatkan rasa sakit yang hebat.

Penyebab lainnya karena parasit internal (cacing Strongylus vulgaris). Migrasi larva merusak pembuluh darah diusus, mengurangi suplai darah yang menyebabkan nekrosis, penurunan motilitas usus dan menimbulkan nyeri. Sejumlah besar cacing dapat menyebabkan impaksi atau obstruksi usus.

Selain itu kolik juga bisa terjadi akibat infeksi lain dalam tubuh seperti penyakit dermatitis, radang selaput dada, laminitis, dan infeksi lain yang mempengaruhi sistem lokomotor.

Jika Anda tertarik mempelajari lebih lanjut tentang berbagai jenis Colic, lihat sumber yang luar biasaini dari Rumah Sakit Equine Liverpool University!

Apa yang harus dilakukan sampai dokter hewan tiba?

Jika Anda memiliki keraguan sama sekali bahwa kuda Anda menderita sakit perut segera dokter hewan Anda. Sampai tiba, Anda harus:

  • Simpan kuda di tempat yang aman; istal dengan banyak tempat tidur sangat ideal! Buang benda apa pun yang bisa membahayakan saat bergulir seperti ember. Demi keselamatan Anda sendiri, tetap berada di luar kandang kecuali benar-benar diperlukan.
  • Berjalan kaki selama 15-20 menit dapat membantu mengurangi rasa sakit, tetapi jangan memaksakan kuda untuk berolahraga jika hanya ingin berguling!
  • Tidak mungkin kuda yang sakit ingin minum, tetapi Anda harus tetap menawarkan air kecuali kuda itu sangat kesakitan.
  • Ketika dokter hewan tiba, mereka mungkin menyarankan kuda harus dibawa ke rumah sakit untuk penilaian lebih lanjut, jadi pastikan Anda memiliki pengaturan perjalanan yang sesuai.Selanjutnya, periksa bahwa asuransi kuda Anda mencakup kolik – ini akan menghemat waktu nanti!

Bedah Kolik

Kurang dari 10% kasus kolik memerlukan operasi hewan. Pembedahan kolik adalah prosedur dokter hewan yang kompleks yang membutuhkan tim ahli bedah yang sangat terampil, yang dibuat lebih rumit karena perlu dilakukan dengan cepat saat sedang dibius. Menempatkan kuda di bawah pengaruh obat bius mengandung unsur risiko yang tinggi, terlebih lagi ketika mengobati kolik karena efek berbahaya dari racun yang dilepaskan dari perut. Tujuan utama pembedahan kolik adalah untuk memeriksa perut untuk mengidentifikasi masalah dalam saluran GI yang menyebabkan kuda mengalami kolik.

Sayangnya, dalam beberapa situasi operasi tidak dapat menyembuhkan sakit perut, sehingga keputusan dibuat dengan kesejahteraan kuda pada prioritas tertinggi. Namun, 80% pasien operasi kolik akan pulang setelah operasi. Setelah kuda telah sepenuhnya pulih dan direhabilitasi, tidak ada alasan mengapa mereka tidak dapat kembali ke pekerjaan mereka sebelumnya sebagai kuda acara, perlompat jumper atau hacker yang senang!

Mencegah Kolik

Beberapa kuda lebih rentan mengalami kolik daripada yang lain, tetapi ada beberapa prosedur perawatan kuda yang harus kita waspadai agar kuda kita tidak menderita kolik.

  1. Telah terbukti bahwa kuda-kuda yang ternyata hidup di padang rumput memiliki risiko kolik yang lebih rendah daripada kuda-kuda yang disimpan di kandang kuda, jadi manfaatkan sebagian besar dari padang rumput itu!
  2. Jika Anda memberi makan kuda Anda atau pakan keras saat berada di ladang, pastikan Anda menjauhkannya dari daerah berpasir karena pasir dapat mengiritasi usus mereka.
  3. Pastikan kuda Anda memiliki persediaan air bersih yang segar dan konstan.
  4. Banyak pakan keras dapat meningkatkan risiko kolik, jadi hanya makan apa yang diperlukan.
  5. Gigi adalah salah satu bagian terpenting dari sistem pencernaan, jadi pastikan Anda memeriksakan gigi ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

Mendeteksi Kolik dan Bertindak Cepat dengan Trackener

Pada kasus kolik yang serius, diagnosis dini adalah salah satu faktor terpenting untuk memastikan peluang tertinggi untuk bertahan hidup pasca operasi.

Sistem pemantauan 24/7 Trackener dapat memungkinkan pemilik untuk mendeteksi kolik lebih cepat sehingga dapat bertindak lebih cepat dengan panggilan telepon ke dokter hewan. Sensor gerak bawaan dan monitor detak jantung Trackener dapat merasakan dua gejala yang paling umum: peningkatan detak jantung dan rolling yang berlebihan dan waktu yang dihabiskan untuk berbaring.Sistem kami akan mendeteksi tanda-tanda awal Colic dan mengingatkan Anda melalui aplikasi smartphone kami 24/7, di mana pun Anda berada di dunia, memungkinkan Anda untuk selalu berada di sisi kuda Anda.

Pauline, salah satu pendiri Trackener, telah mengalami dan mendengar banyak tentang kasus kolik yang fatal. Itulah salah satu alasan mengapa ia memutuskan untuk membuat Trackener, dengan misi untuk membantu mengurangi jumlah kuda yang mati karena sakit perut. Dengan kemajuan dalam kedokteran hewan, tingkat kelangsungan hidup kolik jauh lebih tinggi sekarang daripada 20 tahun yang lalu. Faktor yang paling penting dalam kelangsungan hidup kolik adalah untuk meminimalkan interval waktu dari timbulnya kolik ke kuda yang dirawat oleh dokter hewan dan segera Trackener akan berkontribusi untuk mengurangi waktu ini.

Penyebab utama kolik adalah: perubahan pola makan, dan stres akibat latihan keras yang tidak biasa, perjalanan, atau perubahan lingkungan atau rutin. Dengan memantau aktivitas dan perilaku kuda 24/7, Trackener membantu Anda memeriksa bahwa kuda beradaptasi dengan baik terhadap perubahan apa pun dan melihat langsung jika ada sesuatu yang tidak beres, seperti perubahan tiba-tiba dalam aktivitas keseluruhan. Karena masalah seperti kolik selalu bisa terjadi, Trackener memberi Anda semua wawasan yang Anda butuhkan untuk bertindak lebih cepat dan menjaga kuda Anda sebaik mungkin.

(Visited 284 times, 1 visits today)

Related Articles