fbpx
Suara Peternakan

Kelahiran Bayi Panda di Taman Safari Bogor

Bogor, Suarapeternakan.com- Perasaan bahagian menyelimuti Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Menteri LHK) dengan kelahirnya anak Panda Merah di Taman Safari Indonesia. kebahagiaannya itu disampaikan Siti melalui cuitan sekaligus unggahan foto bayi panda merah yang baru lahir tersebut di twitter-nya @SitiNurbayaLHK pada Jumat (17/1/2019). “Terima kasih Tuhan. Baru saja menerima kabar, tadi Red Panda di Istana Panda TSI Taman Safari Indonesia Cisarua melahirkan,” tulisnya.

Bayi panda merah itu merupakan anak dari pasangan Xing Xing dan Pay Pay, panda yang didatangkan dari Cina tahun 2017. Saat tiba di Indonesai usianya sudah empat tahun.

Peristiwa kelahiran bayi spesies panda sebagai spesies hewan yang terancam Punah dalam daftar merah International Union for Conservation of Nature (IUCN). Kelahiran panda tersebut merupakan peristiwa yang pertama kali terjadi di Indonesia.

Panda merah masuk IUCN Red List karena hilangnya habitat hutan dan penangkapan liar yang terus berlanjut pada spesies ini. Panda Merah biasanya diburu untuk diperjual belikan serta diambil bulunya.  Panda merah fulgens adalah sejenis binatang menyusui di dalam ordo Carnivora. Memiliki bulu tebal berwarna merah kecoklatan, berbuntut panjang dan berkaki hitam. Mukanya berbentuk bulat berwarna putih dengan garis merah kecoklatan dari mata ke mulutnya.

Spesies Panda Merahini ditemukan tersebar di area Asia Tengah berada di dalam hutan yang terletak di daerah Pegunungan Himalaya, Bhutan, China, India, Laos, Myanmar, dan Nepal.

Kehadiran pada baru ini sudah ditargetkan oleh Direktur Taman Safari Indonesia, Jansen Manansang, dua tahun silam. Dengan  melahirkan bayi setelah keduanya dikarantina. Ketika itu, TSI berjanji anak panda yang dilahirkan pasangan panda ini akan dikembalikan dan menjadi milik pemerintah China.

Panda memiliki rata-rata hidup selama 35 tahun di kawasan konservasi, tetapi di alam hanya sekitar 20 tahun. Masa hidup mereka lebih pendek di alam karena beratnya tantangan mencari makan sendiri di tengah musim salju.

Red Panda merupakan hewan yang soliter tidak berkoloni. Panda jantan akan menempati satu kawasan teritorialnya, dan tidak boleh ada panda lain yang mendekati daerah kekuasaannya. Mereka hanya akan berkumpul pada musim kawin.

Panda adalah hewan yang mencintai kesunyian. Mereka biasa hidup di wilayah ketinggian dan memiliki penciuman dan pendengaran yang tajam.

 Diolah dari berbagai sumber

(Visited 85 times, 1 visits today)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *