fbpx
Suara Peternakan

Kandang Ayam Dibangun di Atas Sungai, Dikeluhkan oleh Warga Megamendung

Suarapeternakan.com – Kandang ayam menjadi syarat penting untuk keberhasilan dalam usaha peternakan ayam. Sebab ayam broiler akan menghabiskan banyak waktunya di dalam kandang. Kandang ayam juga menjadi penyokong terbesar penyakit yang datang kepada ayam.  Jika kebersihan kandang ayam terjaga maka ayam akan sehat sebab virus dan bakteri tidak banyak berkembang biak di dalam kandang.

Dalam membangun kandang, hal yang paling diperhatikan adalah lingkungan masyarakat yang ada. Apabila proses pembangunan kandang mengganggu masyarakat sekitar, misalnya bau yang dihasilkan oleh ternak ayam. Lingkungan masyarakat terganggu, membuat bisnis Anda akan menjadi terhambat.

Agar disetujui oleh masyarakat Anda harus memiliki pengelolaan limbah kotoran ayam yang baik dan benar. Caranya adalah dengan membersihkan kandang secara teratur dan tidak sembarangan membuang limbahnya.

Seperti halnya yang dilakukan oleh peternak ayam petelur, Harun (60) di Bogor. Pembangunan kandang ayam petelur miliknya berdiri diatas sungai Cikompeni Desa Sukamahi, Kecamatan Megamendung dikeluhkan warga.

Hal tersebut lantaran keberadaan kandang dikhawatirkan akan menganggu fungsi sungai.

“Iya, takutnya banjir. Musim hujan seperti ini. Tapi, katanya itu tanah miliknya, bukan sungai,” ujar Sunandar (45) salah satu warga sekitar, seperti dilansir  Radar Bogor pada Selasa (15/10/2019).

Pemilik kandang di atas sungai, Harun mengaku, pembangunan kandang ayam yang ia miliki berada di tanah miliknya yang dilintasi aliran sungai Cikompeni.

“Dulu aliran sungai bukan ke sini, tapi kearah sebelahnya, lahan kami tadinya hanya terkena rembesan air saja, tapi lama kelamaan, air sungai Cikompeni malah mengalir ke tanah saya. Dan saya membangun kandang ayam ini sama sekali bukan dilahan sungai, tapi dilahan sendiri,” akunya.

Ditempat terpisah, Juru Pengairan UPT Ciawi, Dedi Junaedi menegaskan, lahan sungai yang saat ini digunakan untuk kandang ayam tersebut milik sungai dan bukan tanah milik Harun.

“Sejak dulu juga air sungai Cikompeni mengali ke sana, dan saat ini juga sudah dilaksanakan pembangunan turap dan dam air,” tukasnya.

Melansir dari pertanianku.com, syarat yang bersifat wajib dalam pembuatan kandang ayam broiler harus dijadikan panduan bagi para peternak ayam broiler. Syarat ini berlaku di seluruh Indonesia. Berikut ini terdapat empat syarat wajib dalam pembuatan kandang broiler.

Syarat lokasi

Lokasi yang akan digunakan sebagai tempat kandang ayam broiler juga harus memenuhi syarat-syarat tertentu. Terdapat empat syarat lokasi yang harus dipenuhi agar kandang yang dibangun nantinya dapat berfungsi dengan baik.

Keempat syarat tersebut antara lain lokasi harus berada jauh dari pemukiman penduduk, mempunyai sumber air yang mencukupi terutama ketika kemarau tiba, lokasi mendukung, adanya sirkulasi udara yang baik, serta lokasi mempunyai akses menuju jalan, telepon, dan sumber listrik.

Syarat lingkungan masyarakat

Syarat lingkungan masyarakat maksudnya lingkungan masyarakat yang harmonis. Hal ini dijadikan salah satu syarat yang harus dipenuhi karena tidak sedikit kasus yang mana lingkungan masyarakat yang tidak harmonis dapat menyebabkan usaha peternakan ayam menjadi terhambat.

Salah satu penyebab lingkungan masyarakat yang tidak harmonis adalah karena limbah yang dihasilkan oleh peternakan ayam ini tidak disukai dan dianggap mengganggu. Oleh karena itu, pencegahan terhadap lingkungan masyarakat yang tidak harmonis dirasa perlu dilakukan daripada harus mengalami hambatan petrenakan di kemudian hari.

Syarat keamanan

Keamanan kandang menjadi syarat yang harus dipenuhi agar ternak ayam broiler dapat berjalan dengan sesuai harapan. Syarat keamanan yang harus dipenuhi adalah bahwa kandang harus memiliki jaminan keamanan dari segala gangguan, baik gangguan dari hama pemangsa ayam maupun dari gangguan kriminal seperti pencurian.

Kandang ayam bisa saja medapatkan gangguan keamanan yang muncul dari hewan pemangsa jika kandang yang dibuat tidak memenuhi syarat keamanan. Untuk menjaga kandang dari kasus pencurian, peternak bisa menyewa jasa satpam atau bisa juga mempekerjakan anak kandang agar selalu berjaga-jaga di area kandang.

Syarat perizinan

Syarat terakhir yang harus dipenuhi adalah syarat perizinan. Pembuatan kandang sudah seharusnya didirikan hanya jika sudah memenuhi syarat perizinan. Syarat perizinan yang berlaku di Indonesia disebutkan bahwa setiap usaha peternakan harus memiliki izin usaha. Jadi, izin usaha tersebutlah yang harus dipenuhi peternak jika hendak melakukan pembuatan kandang.

Untuk dapat memiliki izin usaha tersebut, biasanya dimulai dari menandatangani surat persetujuan lingkungan masyarakat di sekitar lokasi kandang, kemudian surat rekomendasi dari desa, izin prinsip dari pemerintah kabupaten, surat amdal dan izin mendirikan usaha, serta SIU (surat izin usaha) dan surat izin gangguan.

Sumber: radarbogor.com, pertanianku.com
Foto: Istimewa (Kondisi kandang ayam yang tengah dibangun di atas Sungai Cikompeni Desa Sukamahi, Kecamatan Megamendung)

(Visited 43 times, 1 visits today)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *