fbpx
Suara Peternakan

Kambing Kejobong, Potensi Ternak Lokal Purbalingga

SuaraPeternakan.com – Kambing Kejobong adalah jenis kambing potensi lokal Purbalingga. Kambing ini sudah diakui sebagai salah satu sumber daya genetik kebanggaan Purbalingga dan telah ditetapkan dengan SK Menteri Pertanian RI Nomor 301/KPTS//SR.120/5/2017.

Keunggulannya yakni mudah perawatannya, tahan penyakit dan cepat bereproduksi yakni sampai tiga kali dalam dua tahun dan setiap beranak kembar bahkan ada yang sampai tiga ekor.

Populasi kambing Kejobong yang dipelihara di peternakan rakyat Dusun Paduraksa, Desa Kedarpan Kecamatan Kejobong meningkat pesat, mencapai ribuan ekor. Populasinya bahkan melebihi jumlah penduduk di dusun setempat.

Disebut Kambing Kejobong, karena banyak berkembang biak di wilayah Kecamatan Kejobong, karena kekhasan yang dimiliki.

Sepintas jenis tersebut mirip dengan kambing Jawa Randu atau Kacangan. Bulu kambing itu dari ujung kepala hingga kaki didominasi warga hitam legam,warna bulu tersebut menjadi ciri khas dengan kambing lokal lain.Karena kekhasannya itu, tahun 2017 kambing Kejobong dinyatakan sebagai rumpun kambing lokal Indonesia.

Mandiri Syariah memilih Desa Kedarpan, Kecamatan Kejobong sebagai desa binaan peternakan, karena di wilayah setempat memiliki potensi kambing lokal bernama kambing Kejobong.

BSM menyumbang sebanyak 1.510 ekor kambing yang didistribusikan untuk 50 peternak, dengan masing-masing peternak mendapat jatah 30 ekor kambing di dusun setempat.

Sistem peternakan dilakukan secara terpusat dengan membangun areal peternakan seluas 0,5 hektare (ha) dan lahan pengembangan pakan hijauan seluas 1,2 ha. Total anggaran untuk pengembangan klaster peternakan mencapai Rp 3 miliar.

Sumber:pikiranrakyat.com
Foto: Istimewa

(Visited 70 times, 1 visits today)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *