fbpx
Suara Peternakan

Kelinci Putih Cocok untuk Daging Konsumsi dan Peliharaan

SUARAPETERNAKAN.COM – Kelinci putih, warnanya yang putih dan sangat menggemaskan. Mempunyai telinga panjang dan bulu halus. Banyak yang mencari kelinci putih sebagai hewan peliharaan, sebab mempunyai keunikan dan sifat yang manja dan agresif jika sedang bermain. Kelinci putih juga banyak sekali ciri dan jenisnya tersendiri.

Kelinci putih identik dengan kelinci yang bersih dan terawat. Jadi tidak heran ketika anak-anak dan masyarakat pada umumnya menjadi penggemar kelinci putih.

Ada juga jenis kelinci putih mata merah atau disebut juga kelinci new zealand kelinci. Merupakan perilangan kelinci flemish giant. Memiliki bulu putih dan halus, mata yang merah dan bobot berkisar 5,5 kg.

Kelinci new zealand berasal dari Amerika. Sering digunakan untuk konsumsi, karena mempunya bobot yang besar. Namun bisa digunakan sebagai hewan peliharaan.

Apabila dikembangbiakkan akan mendapatkan keuntungan yang banyak. Produktivitas yang tinggi, ketika melahirkan bisa menghasilan 10 sampai 12 anak kelinci.

Jika anda yang sedang memelihara kelinci, sebaiknya memperhatikan kondisi bulunya. Disarankan rutin dalam membersihkan bulunya agar terlihat bersih dan terawat.

Cara mudah dalam membersihkan kelinci putih yaitu dengan memandikannya. Apabila terdapat noda yang susah dihilangkan, sebaiknya menggunakan peroksida. Peroksida yang digunakan jangan terlalu banyak. Peroksida tersebut diteteskan pada kapas lalu dioleskan pada kelinci pada bulu yang kotor.

Apabila selesai dimandikan sebaiknya dikeringkan, agar kelinci dapat beraktivitas dengan nyaman. Cara pengeringan bisa menjemur dibawah sinar matahari atau menggunakan pengering rambut.

Jika kelinci tidak menyukai air, sebaiknya bulu disemprot dengan shampo kelinci rineless dengan menambahkan pemutih khusus untuk hewan. Shampu dan pemutih tersebut bisa didapatkan di toko hewan. Caranya dengan menyemprot lalu melapnya dengan handuk.

Apabila anda yang ingin mencari kelinci new zealand, pastikan membeli pada breeder atau peternak kelinci. Pastikan kelinci yang akan dibeli terawat. Apabila ingin mengembangbiakkan, sebaiknya menanyakan silsilah kelinci agar mendapat induk yang baik.

kelinci putih mata merah

Harga kelinci yang beragam dari jenis dan usianya. Untuk umur 3 bulan harganya bisa mencapai 50.000 rupiah sampai 150.000 rupiah dan jika umur lebih dari 3 bulan harganya mencapai 150.000 rupiah sampai 500.000 rupiah.

Harga indukan mencappai 300.000 rupiah sampai 350.000 rupiah dengan berat badan 3,6 kg sampai 4,2 kg, umur berkisar 10 sampai 15 bulan.

Sebaiknya indukan kelinci yang bagus adalah kelinci rex putih. Harga kelinci rex putih relatif mahal dan bervariasi. Umur 1 sampai 3 bulan harganya berkisar 50.000 ribu sampai 300.000 ribu. Sedangkan umur lebih dari 3 bulan harganya mencapai 300.000 sampai 4.000.000 rupiah.

Pemberian nutrisi yang baik pada kelinci perlu diperhatikan agar bulunya tidak mudah rondtok dan terkena penyakit kulit.

Apabila menginginkan anak kelinci putih lebih baik. Sebaiknya memilih kelinci umur 3 bulan kebawah atau membeli kelinci mini. Harus siap dengan perawatan khusus, karena kelinci umur 3 bulan kebawah sangat rentan terkena penyakit.

Jika membeli kelinci mini yang berukuran seperti anakan kelinci namun umur sudah dewasa. Kelinci mini yang baik yaitu kelinci dwarf hotot, yang berusia 3 bulan hingga dewasa harganya mencapai 400.000 rupiah. Umur 1 sampai 3 bulang harga mulai 90.000 rupiah hingga 300.000 rupiah.


Berikut jenis kelinci putih:

Jenis Anggora Putih

kelinci angora putih

Jenis kelinci ini memiliki ciri khas bulu tebal dengan ukuran kecil sedang dan besar dengan banyak warna pilihan seperti hitam atau abu-abu agak kehitaman, coklat, pearl dll. Sedangkan yang umum di pelihara di Indonesia adalah jenis anggora inggris, giant dan prancis.

Dari ketiga jenis anggora ini mempunyai ciri khas masing-masing. Misalnya jenis anggora inggris mempunyai ciri bulu tebal dengan postur tubuh tidak terlalu besar (kecil) dengan warna bulu beragam termasuk warna putih.

Kelinci anggora Pranci memiliki bulu tidak terlalu tebal atau lebih tipis dibandingkan anggora Inggris terutma pada bagain kaki dengan ukuran lebih besar di bandingkan anggora Inggris tapi ebih keci dibandingkan Anggora Giant yang bisa mencapai berat hingga 10 kilo gram

Kelinci Himalayan

kelinci himalayan

Kelinci ini sering juga disebut kelinci china atau Rusia dan paling banyak dicari dan digemari karena tampilannya yang menarik dengan mata warna merah muda atau pink.

Warna bulu putih kombinasi hitam atau coklat, warna agak kebiruan pada bagian mulut, hidung, kaki dan telinga sehingga jenis kelinci ini memiliki daya trik tersendiri untuk dijadikan kelinci hias.

Berat badan kelinci Himalayan cukup ringan dengan postur kecil atau dengan berat sekitar 1 kg setelah mengalami banyak persilangan, tapi pada dasarnya kelinci ini mempunyai berat rata-rata 2 – 4 kg.

Kelinci Netherland Dwar

Kelinci jenis ini seringkali disebut kelinci ras kerdil karena ukuran tubunya yang munngil seperti marmut membuat kelinci ini sering dicari sebagai hewan hias. Netherland Dwarf memiliki banyak warna setelah mengalami berbagai penyilangan dengan jenis lain namun paling digemari warna putih bersih dengan ciri khas warna mata merah

Asal usul kelinci ini dari belanda dan sering juga disebut lost neck rabbit karena tubuhnya yang pendek dengan daun telinga kecil, berat badan untuk dewasa pada umumnya kurang dari 1 kg.

Kelinci ini dikembangkan sejak pertama kali ditemukan pada tahun 1940 oleh J. Meijerig dan C. W. Calcar, kemudian menyebar keberbagai negara sebagai hewan hias termasuk di Indonesia.

Kelinci Polish

Kelinci jenis polish spintas terlihat mirip dengan kelinci Netherland dengan ciri telinga tegak dan tubuh mungil. Bulunya tipis dan halus dengan mata biru, tapi ada juga bermata dengan warna merah delima dan hitam

Perbedaan yang bisa dilihat pada kelinci polish memiliki kepala lebih bulat. Untuk warna bulu bervariasi namun sebagai binatang hias kebanyakan penggemar tidak pernah melewatkan warna putih sebagai pilihan .

Ukuran tubuh sedikit lebih besar dibandingkan dengan kelinci Netherland yang rata berukuran dibawah 1 kg/ekor.

Sebenarnya ada banyak pilihan kelinci putih dari jenis lain yang menarik dan bisa menjadi pilihan, tapi setidaknya dari beberapa jenis diatas dapat dijadikan gambaran jenis kelinci apa yang bisa menjadi pilihan sesuai selera. Jika anda menyukai kelinci dengan bulu warna putih, sebaiknya rajin memandikan kelinci anda agar kebersihannya selalu terjaga.

Jenis kelinci seperti yang telah disebutkan atau jenis lainnya sudah banyak diternak baik oleh penghobi maupun peternak sehingga untuk memiliki jenis kelinci hias sesuai selera dapat dengan mudah ditemukan dipasaran.


Sumber: tuliat.com/kelinci.net

(Visited 861 times, 1 visits today)

Related Articles