fbpx
Suara Peternakan

Jenis dan Bagian Bulu Pada Unggas

SUARAPETERNAKAN.COM – Bulu merupakan penutup tubuh selain jengger, pial, gelambir telinga, paru, kuku, dan sisik.

Burung juga dikenal dari bulunya. Bentuk dan warna bulu dipergunakan untuk menentukan bangsanya (breed, ras). Bulu melindungi badan dari kerusakan fisik dan membantu memelihara panas badan. Bulu-bulu sayap dibutuhkan untuk terbang. Pada kebanyakan species burung, bulu ini disusun dalam baris-baris di daerah-daerah tertentu, disebut saluran-saluran bulu ptarylae).

Sepuluh saluran bulu utama terdapat pada ayam, berturut-turut sesuai dengan pertumbuhannya, adalah bahu, paha, badan, dada, leher, perut, kaki, pinggang, sayap dan kepala.

Jenis Bulu

Berdasarkan strukturnya ada tiga macam bulu utama yaitu plumae (contouer feather), Plumulae (downy feather), Filoplumae (hair feather).

Bulu contour menutupi badan, berbeda-beda dalam bentuk ukuran, tergantung dari pada kelamin ayam dan lokasi bulu-bulu itu pada badan. Bulu ini menutupi badan sedemikian sempurnanya, sehingga menyembunyikan kerusakan-kerusakan yang mungkin terdapat pada badan. Oleh karena itu untuk mengetahui keadaan ayam yang sebenarnya perlu memegang dan merabanya.

Plumulae atau bulu-bulu dens kecil terdapat pada ayam dewasa dibawah bulu contour, plumulae memilikisumber yang lunak dan bendera yang mempunyai cabang-cabang. Bulu-bulu ini menahan panas sangat baik. Filoplusulae adalah bulu-bulu yang menyerupai rambut yang telah berdegenerasi dan akan tertinggal jika ayam telah dicabuti bulunya (ayam yang dipotong).

Berdasarkan bentuk, warna dan fungsi dari bulu plumae (contour) dapat dibedakan atas: Tefrices; bentukny kecil-kecil dan berfungsi sebagai penutup tubuh. Remiges; bentuknya panjang dan besar serta kuat. Bulu ini terdapat pada sayap yang berfungsi untuk terbang.

Berdasarkan tempat tumbuhnya remiges dapat dibedakan atas: Remiges Primarie; tumbuh pada sayap dibagian os metacarpale dan dibagian digitale swhingga disebut juga Remiges metacarpale dan remiges digitale. Remiges secundarie; tumbuh pada bagian os radius dan ulna, disebut juga remiges cubitale.

Retrices; terdapat pada ekor yang berfungsi sebagai kemudi pada saat terbang. Bentuknya panjang dan kuat. Alalu atau alaspuria (bulu palsu); tumbuh hanya pad digiti I dari extremitas anterior (sayap). Bentuknya kecil dan hanya berjumlah 2-3 helai. Basis remiges dan retrices disembunyikan oleh bulu-bulu pembungkus, pembungkus-pembungkus sayap dan pembungkus ekor.

Seperti telah dikatakan lebih dahulu bulu-bulu itu tersusun dalam baris-baris di daerah-daerah tertentu, dinamakan pterylae, sedangkan baris-baris diantaranya yang tidak berbulu disebut apteria.

Bagian-bagian Bulu

Bulu adalah struktur-struktur epidermal umtuk sebagian tertanam dalam folike kulit. Buku terdiri dari sumbu atau scapus dan suatu bendera atau vexillum. Bagian bawah sumbu disebut calumus dan bentuk bulat, transparan dan kosong. Didalamnya terdapat baris sisik-sisik yang berbentuk conis.

Pada ujung calamus terdapat sebuah lubang kecil, umbilicus-inferior, kedalam mata menjalur suatu papilia dan vexillum. Terdapat suatu lubang yg lain, umbilicus superior, dan diderah ini terdapat sejumlah bulu kecil-kecil, yang dinamakan hiporachis.

Sumbu vexillum, rachis adalah padat, segi empat, menipis dan elastis, dengan suatu lekuk longitudinal, yang berjalan sepanjangbpermukaan dan menghadap kebadan, jika bulu berada pada posisinya.

Vexillumnya terdiri dari dua baris lamel-lamel yang kecil, cabang-cabang atau rami, yang menjulur dari rachis dan mengarah miring menuju keluar dan kearah ujung bulu. Dalam pada itu tiap-tiap cabang mempunyai dua baris ranting, remulae.

Ranting baris distal, misalnya ranting-ranting yang tumbuh dari sisi cabang, yang menghadap keujung bulu, diperselenggarai dengan kait-kait kecil, yang bisa dilihat dengan mikroskop, yang dikaitkan dengan kepada pinggir ranting baris proximal. Karena kait mengait dari ranting-ranting ini, maka bendera diubah menjadi satu kesatuan elastis, yang mampu untuk memberikan ketahanan yang dibutuhkan terhadap udara pada waktu terbang.

(berbagai sumber)

(Visited 759 times, 1 visits today)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *