fbpx
Suara Peternakan

Inovasi Produk Olahan Pisang Cavendish Menjadi Biskuit dan Pakan Ternak

Citizen Reporter

SUARAPETERNAKAN.COM – Pisang merupakan salah satu komoditas unggulan Indonesia, yang mampu memberikan keuntungan yang besar dalam waktu relatif singkat yaitu satu sampai dua tahun. Pisang mampu memberikan kontribusi antara 40-45% terhadap produksi buah nasional di Indonesia. Pisang dapat dijadikan sebagai konsumsi buah segar, olahan, bahan baku industri dan pakan ternak.

Keragaman varietas yang dimiliki pisang kurang lebih 300 varietas dengan 14 varietas ekonomis. Kabutapen Maros khususnya Kecamatan Tompombulu, Benteng Gajah memiliki potensi dalam budidaya pisang, sebab memiliki lahan yang luas, kurang lebih 24.03 km2 dan sentra budidaya pisang Cavendish.

Melihat potensi di Desa Benteng Gajah tersebut, Prof. Dr. dr. Wardihan Sinrang, MS melakukan Program  Diseminasi  Penerapan Inovasi  Produk Olahan Pisang Cavendish menjadi Biskuit untuk tumbuh kembang anak. Kegiatan ini merupakan kerjasama dengan Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dengan LPPM Unhas.

Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Agustus-Desember 2018. Turut hadir yaitu Anggota DPR RI Pusat Dr. Andi Yuliana Paris dan Ketua pelaksana diseminasi Prof. Dr. dr. Wardihan Sinrang, MS serta tokoh Masyarakat,  kelompok tani dan Kelompok PKK.

Prof. Dr. dr. Wardihan Sinrang, MS selaku ketua pelaksana dalam diseminasi tersebut mengatakan, pengembangan produk pisang Cavendish selain sebagai produk untuk tumbuh kembang anak,  juga limbahnya dapat dijadikan sebagai pakan ternak. Selain pemanfaatan  buah sebagai bahan produk biskuit untuk tumbuh kembang anak.

Daerah tersebut memiliki limbah pisang begitu banyak dan tidak dimanfaatkan oleh petani, oleh karena itu perlu inovasi teknologi bahwa limbah tersebut dijadikan sebagai pakan ternak.

Limbah pisang Cavendish dibuat silase dan difermentasi untuk pakan ternak kambing dan sapi.

“Melihat  potensi yang ada di tempat ini bahwa limbah pisang yang selama ini tidak dimanfaatkan dapat dijadikan sebagai pakan ternak,” Tambah Prof. Dr. Ir. Syamsuddin Hasan M.Sc selaku tim dari Peternakan Unhas. Beliau juga menambahkan bahwa untuk menunjang kegiatan ini perlu pembangunan sarana dan prasarana serta penyediaan pasar untuk pemasaran produk pasca panen.

Dalam kegiatan ini dilakukan juga pelatihan untuk ibu-ibu dalam membuat produk olahan pisang Cavendish menjadi biskuit. Hasil ini memberikan peluang bisnis kepada ibu rumah tangga dalam mengelolah produk pisang tersebut.

Penulis : Sema sebagai Laboran di Laboratorium Ilmu Tanaman Pakan dan Pastura, Fapet Unhas

(Visited 70 times, 1 visits today)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *