fbpx
Suara Peternakan

Inovasi Bank Pakan Pada Kandang Cocok untuk Kelompok Sapi Potong

SuaraPeternakan.com – Pakan merupakan komponen biaya produksi terbesar dalam usaha sapi potong yang mencapai 65-70%. Untuk menekan biaya diperlukan integrasi dengan usaha pertanian atau perkebunan yang mempunyai potensi biomas lokal. Sebagai sumber pakan yang berlimpah dan diharapkan dapat menekan input biaya.

Agar tetap aman dalam jangka waktu yang lama, diperlukan proses penyimpanan yang memadai. Dari faktor penyimpanan ini pasokan pakan sapi ditentukan dengan kualitas nutrisi yang terkandung didalamnya. Apakah dapat dipertahankan atau bahkan menurunkan dan ditambah lagi dengan adanya kerusakan akibat kontaminasi dengan mikroorganisme.

Maka diperlukan bank pakan untuk ternak sapi potong. Dimana bank pakan ini merupakan wadah berbentuk rak yang digunakan untuk menyimpan sekaligus menyajikan pakan sumber serat (hijauan kering) yang penyediaannya sistem stok.

Dengan bank pakan ini, ternak sapi akan terpenuhi kebutuhan pakannya, sehingga sapi dapat mengkonsumsi hijauan setiap saat dan sepanjang hari.

Kontruksi dan desainya mulai dari bentuk dan kontruksi yang kuat, ternak sapi mudah dalam mengambil pakan, pakan bagian atas, secara otomatis dapat turun ke bawah.

Bank pakan dibangun pada kandang kelompok kawin. Lokasi pembangunannya berada pada sisi samping kandang serta harus memperhatikan aspek kemudahan dalam pengisian bahan pakan (hijauan kerin). Lokasi bakn pakan juga harus memiliki akses transportasi.

Adapun keunggulan dari bank pakan ini yaitu peternak dapat menyediakan bahan pakan sesuai kemampuan, efesiensi waktu dan tenaga kerja pakan sumber serat (hijauan) tersedia setiap saat, Biaya pakan dapat diminimalisir.

Bakn pakan ini bisa memperkuat kelompok peternak dalam memenuhi pakan sapinya secara berkelompok. Bank pakan ini sudah diterapkan di daerah Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, dengan pengelolaannya secara berkelompok dengan kelompok ternak sapi hingga minimal 10-40 ekor.

Hal ini sangat cocok dan perlu ditiru untuk daerah lain. Tentunya untuk memperkuat kelompok ternak dan tentunya pengelolaan ternaknya juga.

(Visited 110 times, 1 visits today)

Related Articles