fbpx
Suara Peternakan

Inilah Sapi Kurban Joko Widodo

Suarapeternakan.com – Sapi-sapi kurban Joko Widodo adalah sapi berkualitas yang dibeli langsung dari peternak sapi. Bahkan mendapat perlakuan khusus, seperti disediakan karpet seharga Rp2 juta. Lalu dituntun  melalui karpet tersebut sebelum disembelih.

Dikutip dari CNBC Indonesia, daftar sapi yang dikurbankan oleh jokowi adalah, tahun 2014 terdapat 20 jenis sapi lokal madura harga Rp400 juta. Tahun 2015 terdapat 19 jenis sapi lokal madura seharga Rp380 juta, satu sapi brenggolo seharga Rp55 juta dan satu sapi simentak seharga Rp45 juta. Pada tahun 2016 yaitu 1 jenis sapi peranakan ongole (PO) seharga Rp60 juta. Tahun 2017 terdapat satu jenis sapi simental harga Rp60 juta, dua sapi peranakan Ongole Rp120 juta. Tahun 2018, satu sapi lokal madura seharga Rp20 juta dan 3 sapi peranakan ongole Rp180 juta. Hingga tahun 2019 yaitu 7 sapi simental seharga Rp571 juta. Sapi-sapi ini tersebar seluruh negeri.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut sapi-sapi kurban Joko Widodo 

Sapi Kurban untuk Lombok

Sapi seberat 1,3 ton umur 3,5 tahun sumbangan presiden jokowi jenis simental dikurbankan dihari raya Idul Adha di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pemilik sapi adalaht Fauzan Bayan, warga Desa Medes, Kecamatan Gunung Sari, Lombok Barat.

Sapi Kurban untuk Surakarta, Jawa Tengah

Hewan kuban Jokowi di Solo Jawa Tengah, sapi jenis simental berbobot 1,5 ton, diserahkan ke Masjid Agung Kerator Kasunan Surakarta, Jawa Tengah. Sapi ini disembelih di ruang terbuka usai ditambatkan ke tiga pohon yang ada dihalaman masjid.

Sapi Kurban untuk Bogor

Sapi peranakan ongole satu ton untuk warga Bogor. Sapi ini berasal dari Subang Jawa Barat. Dipotong di area kebun raya bogor pada selasa 13 agustus 2019.

Sapi 750 kg untuk Distrik Heram, Papua

Sapi jenis ini dibeli masyarakat transmigran di perbatasan Papua Nugini. Tepatnya dari Koya, Distrik Muara tamk. Sapi tersebut disumbangkan kepada jemaah Masjid Baitul Makmur, Perumnas I Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura, Privinsi Papua.

Sapi Jenis Ongole 850 kg untuk Kota Ambon

Sapi jenis ongole merupakan jenis sapi unggul hasil program IB, induknya dalah sapi Bali sedangkan spermanya sapi ongole. Sapi jenis ongole 850 kg untuk Ambon disembelih di Masjid Raya Alfatah Ambon

Sapi Ongole untuk Warga Surabaya

Sapi jenis peranakan ongole (PO) dari peternak gresik. 1,080 kg disembelih di Masjid Al Akbar Surabaya Jawa Timur.

Sapi Simental “Black” di Gunung Kidul Yogyakarta

Sapi simental “Black” seberat 1,054 ton, bantuan Jokowi di dusun Watu Gilang Bmulusan, Gunung Kidul Yogyakarta.

Sapi untuk Warga Polewali Mandar

Mike Tyson yang dibeli Jokowi dari salah satu peternak di Polewali Mandar. Pemilik Abdul Rahim. Uniknya kandang sapi milik Abdul Rahim di Kelurahan Sidodi Kecamatan Wonomulyo Polman ramai didatangi warga sejak dua pekan terakhir.

Mulai digiring ke masjid dari lokasi transit berada sekitar 100 meter, pukul 10.00 WIB.

Fakultas Peternakan Unhas Fasilitasi Sapi Kurban untuk Presiden Jokowi

Universitas Hasanuddin (Unhas) melalui Fakultas Peternakan memfasilitasi kebutuhan sapi kurban untuk Presiden, Jokowi. Jenis sapi yang disiapkan adalah sapi Simmental, yang beratnya mencapai 1.200 kg. Penyiapan sapi ini difasilitasi oleh Maiwa Breeding Center (MBC), yang merupakan salah satu pusat unggulan Unhas dalam bidang peternakan.

(Visited 91 times, 1 visits today)

Related Articles