fbpx
Suara Peternakan

Inilah Produk yang Dihasilkan oleh Lebah Madu

Suarapeternakan.com – Situs Global Reseach melaporkan bahwa kepunahan lebah bisa berdampak pada keberlangsungan hidup manusia. Konsekuensi dari populasi lebah yang berkurang akan berdampak pada rantai makanan.

Hal ini dikarenakan tidak ada hewan lain yang memainkan peran lebih penting dalam menghasilkan buah-buahan dan sayuran yang biasa manusia makan. Albert Einstein bahkan pernah berkomentar bahwa, “Manusia tidak akan bertahan dengan lebah madu.”

Produk-produk yang dihasilkan lebah juga bukan hanya madu. Beberapa produk bermanfaat yang juga dihasilkan oleh lebah di antaranya adalah: madu, malam, polen, bee polen, propolis, royal jelly dan apitoxin.

Madu

Madu dibuat dari nektar pada tanaman berbunga yang dikumpulkan oleh lebah pekerja dalam sel-sel sarang dengan menambahkan enzyme invertase yang dapat mengubah sukrosa menjadi dektrosa dan levulosa.

Levulosa dan dektrosa merupakan 85-90% dari karbohidrat yang terdapat dalam madu, sisanya berupa oligosakarida dan polisakarida. Madu yang telah matang mengandung kadar air rendah (17%) dan kadar fruktosa yang tinggi. Dektosa menyebabkan madu menjadi Kristal.

Malam (lilin lebah/beeswax)

Struktur kimiawi malam (lilin lebah/beeswax) bersifat stabil. Malam dihasilkan oleh lebah pekerja dan produksi tertinggi tercapai pada umur 2 minggu.

Beeswax atau lilin lebah adalah sekresi alami dari kelenjar lilin di sisi tubuh lebah madu dan digunakan sebagai blok bangunan untuk sel sarang lebah lebah. Dalam sarang ini, lebah muda dibesarkan hingga tempat penyimpanan madu dan serbuk sari.

Untuk merangsang produksi lilin, lebah memberi makan diri mereka sendiri dengan madu dan meringkuk bersama untuk menaikkan suhu. Beeswax bisa digunakan untuk produk perawatan kulit, lilin, semir furnitur, pembuatan batik, dll.

Polen

Polen merupakan pellet alat pejantan reproduksi tanaman yang berprotein tinggi dan diambil dari kaki belakang lebah pekerja yang tertangkap di sarang lebah. Kandungan protein yang tinggi bermanfaat bagi manusia untuk mengganti sel-sel tubuh yang rusak.

Royal jelly adalah sumber makanan yang luar biasa dari ratu lebah. Royal jelly terbuat dari campuran sekresi kelenjar air liur lebah pekerja dan mengandung konsentrasi tinggi vitamin B5, B6, dan asam amino dan diyakini sebagai antioksidan kuat. Namun berbeda dengan madu, royal jelly mempunyai rasa yang tidak enak. 

Bee Pollen

Bee pollen tidak sama dengan pollen penyebab alergi yang dibawa oleh angin. Bee pollen sebenarnya adalah benih jantan bunga yang dikumpulkan oleh lebah dan dicampur dengan enzim pencernaan lebah. Bee pollen rendah kalori tetapi kaya protein, asam amino, vitamin, mineral, enzim, asam lemak yang bermanfaat, karbohidrat, dan bioflavonoid yang anti-virus, antibakteri dan membantu dalam menurunkan kolesterol, menstabilkan dan memperkuat kapiler. 

Kemampuannya untuk meremajakan tubuh, menstimulasi organ, meningkatkan vitalitas dan mempercepat laju pemulihan membuatnya menjadi tonik yang populer di kalangan atlet dan olahragawan. Namun, jangan sembarangan membeli bee pollen karena menurut Greenpeace, satu butir bee pollen bisa mengandung 17 macam pestisida. Jadi penting sekali untuk mengetahui dari mana Anda mendapatkan bee pollen.

Propolis

Propolis merupakan bahan rekat pekat bersifat resin yang dikumpulkan oleh lebah pekerja dan berguna sebagai antibiotika, bakterisidal, dan bakteriostatik. Ekstrak propolis dimanfaatkan sebagai obat penyembuh luka, pembunuh virus influenza, dan penyembuh penyakit kulit.

Lebah madu biasanya mengumpulkan resin lengket yang keluar dari tunas beberapa pohon dan tumbuhan runjung. Lalu, lebah akan mengunyah cairan ini dan mencampurnya dengan air liur dan zat lainnya dan terbentuklah zat bernama Propolis. Propolis sangat penting bagi kelangsungan hidup lebah, tidak hanya melindungi mereka dari penyakit, tetapi juga membantu melawan perubahan iklim, seperti angin dan dingin. Propolis mempunyai efek antibakteri, antijamur, antiviral, anti-inflamasi, dan antioksidan.

Royal jelly

Royal jelly merupakan cairan kental asam manis, berwarna putih susu, diolah secara alami dari nektar dan tepung sari bunga oleh lebah pekerja melalui kelenjar pharyngen, dan mengandung protein 12,34%, gula 12,43%, lemak 5,46%, dan asam amino. Royal jelly diyakini menyembuhkan berbagai penyakit, selain sebagai bahan campuran kosmetik.

Apitoxin (bee venom)

Apitoxin merupakan cairan bening dengan bau tajam, aroma yang spesifik, dan bereaksi asam. Bagi kebanyakan orang, sengatan lebah ini amat menyakitkan. Namun, apitoxin biasa digunakan untuk pengobatan berbagai penyakit.   

Meat

Sebelum tercipta berbagai mesin dan teknik untuk membuat wine or bir, orang zaman dulu gemar meminum mead. Mead adalah minuman beralkohol yang terbuat dari fermentasi madu dengan air dan ragi. Kadang, mead akan diberikan tambahan buah atau biji-bijian. 

Roti lebah

Roti lebah sebenarnya adalah sumber utama makanan bagi kebanyakan larva dan lebah. Roti lebah mempunyai semua asam amino esensial, kandungan tinggi vitamin terutama vitamin K, enzim, dan flavonoid.

Roti lebah terbuat dari serbuk sari yang dicampur dengan sedikit madu, lilin lebah, dan enzim pencernaan lebah. Manfaatnya roti lebah di antaranya adalah mengatasi bermanfaat dalam mengobati anemia, hepatitis, insomnia, stres, gagal ingatan, kolesterol dan gangguan saluran pencernaan. Saat ini, jarang sekali menemukan roti lebah. Anda akan memiliki kesempatan lebih tinggi untuk mendapatkannya langsung dari peternakan lebah dan peternak lebah.

(Visited 31 times, 1 visits today)

Related Articles